Jumat 30 Jul 2021 13:45 WIB

Vietnam dan AS Kerja Sama Layanan Medis Perangi Pandemi

Kedua negara juga sepakat memprioritaskan kerja sama mengatasi dampak perang

Red: Nur Aini
Vietnam dan Amerika Serikat, melalui menteri pertahanan masing-masing, menyepakati kerja sama layanan medis dalam memerangi pandemi Covid-19.
Vietnam dan Amerika Serikat, melalui menteri pertahanan masing-masing, menyepakati kerja sama layanan medis dalam memerangi pandemi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, HO CHI MINH -- Vietnam dan Amerika Serikat, melalui menteri pertahanan masing-masing, menyepakati kerja sama layanan medis dalam memerangi pandemi Covid-19.

Menteri Pertahanan Nasional Vietnam Phan Van Gian dan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin menyepakati hal tersebut dalam pertemuan di Hanoi, Kamis (29/7), seperti diberitakan media lokal VN Express. Selain kerja sama bidang medis, kedua menteri sepakat memprioritaskan kerja sama dalam mengatasi dampak perang, meningkatkan kapasitas penegakan hukum maritim. Kemudian, dalam hal pelatihan personel, serta memahami kapabilitas dan kebutuhan masing-masing pada kerja sama industri internasional.

Menhan Austin sekaligus mengumumkan dukungan kepada Vietnam untuk pencegahan Covid-19 melalui peralatan yang belum diungkapkan. Menhan AS setuju meningkatkan proyek kemanusiaan di Vietnam serta fokus mempromosikan progres proyek dekontaminasi dioksin di bekas fasilitas AS, Pangkalan Udara Bien Hoa.

Kedua menhan berbagi pandangan mengenai pentingnya menghormati hak negara pantai, menyelesaikan sengketa secara damai, memelihara kebebasan penerbangan dan navigasi di laut sesuai hukum internasional. Austin yang tiba di Vietnam pada Rabu lalu juga bertemu dengan Presiden Nguyen Xuan Phuc dan Perdana Menteri Pham Minh Chinh dalam kunjungannya.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/vietnam-as-sepakati-kerja-sama-layanan-medis-perangi-pandemi/2318738
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement