Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Argentina Ulangi Kegagalan

Kamis 29 Jul 2021 22:33 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Muhammad Hafil

Pemain Argentina Facundo Medina melihat ke bawah setelah kalah 0-2 melawan Australia dalam pertandingan sepak bola putra di Olimpiade Musim Panas 2020, Kamis, 22 Juli 2021, di Sapporo.

Pemain Argentina Facundo Medina melihat ke bawah setelah kalah 0-2 melawan Australia dalam pertandingan sepak bola putra di Olimpiade Musim Panas 2020, Kamis, 22 Juli 2021, di Sapporo.

Foto: AP/Silvia Izquierdo
Argentina Ulangi Kegagalan.

REPUBLIKA.CO.ID,TOKYO--Langkah sepakbola Argentina di Olimpiade Tokyo 2020 hanya sampai penyisihan grup saja. Mereka gugur di fase ini setelah bermain imbang 1-1 melawan Spanyol pada laga terakhir penyisihan Grup C yang berlangsung di Stadion Saitama, Rabu (28/7). Argentina kalah agregat gol dengan Mesir yang lebih berhak lolos mendampingi Spanyol ke fase berikutnya.

Argentina hanya mengumpulkan empat poin dari tiga pertandingan. La Albiceleste dikejutkan dengan kekalahan dari Australia 2-0 di laga pembuka. Bangkit di partai kedua melawan Mesir dengan kemenangan. Namun kemenangan Mesir atas Australia di saat bersamaan membuat Argentina tersingkir.

Baca Juga

Pelatih Argentina Fernando Batista tidak dapat sepenuhnya disalahkan dengan kegagalan Argentina lolos ke perempat final. Sebab, dia tak mendapatkan dukungan penuh dari klub. Dampaknya dia kesulitan mendapatkan pemain yang diinginkan sebagaimana dilansir dari mundoalbiceleste, Kamis (29/7).

Hasil ini merupakan yang kedua berturut-turut Argentina tersingkir di babak penyisihan grup Olimpiade. Argentina belum pernah meraih medali emas dari cabang sepakbola setelah mendapatkannya dua kali berturut-turut yaitu pada Olimpiade Athena 2004 dan Beijing 2008.

Jika melihat skuad Argentina peraih medali emas di dua kesempatan tersebut, Albiceleste diisi oleh pemain-pemain berbakat dan menjadi superstar di kemudian hari. Lionel Messi,  Juan Roman Riquelme, Angel Di Maria, Sergio Aguero, Javier Mascherano, Ever Banega, Pablo Zabaleta, Ezequiel Lavezzi dan banyak lagi bintang lainnya.

Saat meraih medali emas 2004, Argentina diperkuat  Carlos Tevez, Javier Mascherano, Roberto Ayala, Javier Saviola, Gabriel Heinze, Fabricio Coloccini dan  Kily Gonzalez. Berbeda dengan skuad Argentina di Olimpiade Tokyo.

Batista tak diperkuat oleh pemain-pemain dengan nama besar yang bisa menjadi bagian dari skuad Olimpiade. Nama-nama tersebut antara lain bintang Atalanta Cristian Romero dan superstar Inter Milan Lautaro Martinez.

Kemudian ada Lisandro Martinez, Exequiel Palacios, Gonzalo Montiel, Julian Alvarez, Nicolas Dominguez dan Nicolas Gonzalez. Kedelapan pemain tersebut membantu Argentina memenangkan Copa Amerika 2021.

Dari grup A dua tim yang lolos ke babak perempar final yaitu tuan rumah Jepang sebagai juara grup dengan mengemas Sembilan poin. Pada pertandingan terakhir, mereka mengalahkan Prancis 4-0. Di perempat final mereka akan melawan runner-up Grup B Selandia Baru.

Adapun runner-up Grup A Meksiko akan menghadapi juara Grup B Korea Selatan. Juara grup C Spanyol akan menghadapi runner Grup D Pantai Gading. Sedangkan favorit juara Brazil akan melawan runner Grup C Mesir.

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA