Kamis 29 Jul 2021 14:46 WIB

Kena Covid, Juara Dunia Lompat Galah Mundur dari Olimpiade

Juara dunia lompat galah dua kali, Sam Kendrick, harus absen dari Olimpiade Tokyo.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Sam Kendrick (kanan).
Foto: EPA/STEVE DIPAOLA.
Sam Kendrick (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Juara dunia lompat galah dua kali, Sam Kendrick, harus absen dari Olimpiade 2020 Tokyo, setelah dinyatakan positif Covid-19. Kendrick memenangkan medali emas beruntun pada kejuaraan dunia 2017 dan 2019, sehingga menjadi salah satu pesaing utama untuk mendapatkan medali di Tokyo, bersama dengan pemegang rekor dunia asal Swedia, Armand Duplantis.

''Kami dengan sedih mengkonfirmasi bahwa Sam Kendricks dinyatakan positif Covid-19 dan tidak akan bertanding di Olimpiade Tokyo 2020,'' ujar Komite Olimpiade dan Paralimpik Amerika Serikat (USOPC), dikutip dari Japantoday, Kamis (29/7).

Atlet berusia 28 tahun itu pun kini menjalani isolasi, sesuai dengan aturan dan protokol setempat. Kendricks diisolasi di sebuah hotel, didukung USATF (USA Track dan Field) dan staf USOPC. Tes positif datang hanya dua hari sebelum dimulainya kompetisi lompat galah putra pada hari Sabtu (31/7).

Ayah dan pelatih Kendricks, Scott Kendricks, pertama kali mengumumkan berita hasil tes Covid-19 putranya pada Kamis pagi di sebuah unggahan Instagram yang kemudian dihapus.

''Hari ini di Tokyo, pejabat memberi tahu Sam bahwa tes hariannya untuk Covid-19 positif. Jadi dia keluar dari kompetisi. Dia merasa baik-baik saja dan tidak memiliki gejala. Mencintaimu, Nak. Sampai jumpa,'' tulis Scott Kendricks.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement