Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Jin BTS Atasi Depresi dengan Cara Menulis Lagu

Kamis 29 Jul 2021 14:41 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti

Personel BTS, Jin, mengatasi depresi dengan cara menulis lagu (ilustrasi).

Personel BTS, Jin, mengatasi depresi dengan cara menulis lagu (ilustrasi).

Foto: EPA
Dengan menulis lagu, Jin merasa lega dan mampu menyalurkan emosinya.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Personel BTS, Jin, dikenal dengan karakternya yang tenang, citra positif, ceria, dan humoris. Namun, dia berbagi tentang sisi gelapnya dalam sebuah wawancara dengan Weverse Magazine tentang sisi lain dirinya yang tidak ditunjukkan pada penggemar.

Jin merilis lagu "Abyss" saat hari ulang tahunnya pada 2020, sebuah lagu yang membahas perjuangannya dengan kelelahan dan perasaan tertekan. Jin berbagi bahwa merilis lagu memungkinkan dia untuk menyuarakan perasaannya.

"Saya merasakan semacam kelegaan. Saya ingin penggemar saya membayangkan saya bahagia, dan saya sebenarnya tidak ingin mereka tahu bahwa saya merasa seperti itu, tetapi kadang-kadang saya merasa perlu untuk membicarakan apa yang ada di dalam diri saya," kata pria bernama Kim Seok-jin itu dilansir di Korea Boo, Kamis (29/7).

Meskipun enggan menunjukkan sisi dirinya itu kepada publik, nyatanya mengungkapkannya lewat lagu memberinya rasa lega untuk jujur dengan penggemar dan menulis emosinya dengan jelas. "Sudah beberapa tahun sejak saya mengekspresikannya dalam sebuah lagu atau menjelaskan apa pun tentangnya, jadi saya merasa sedikit lega," ujar penyanyi kelahiran 4 Desember 1992 itu.

Secara khusus, Jin membahas bagaimana lirik lagunya "Saya ingin tahu lebih banyak tentang Anda hari ini" dan "Saya menahan napas dan memasuki lautan yang lebih dalam" itu tumpang tindih, dan mewakili bertemu dengan dirinya sendiri selama masa gelap yang dia lalui. "Bahkan saya tidak mengenal diri saya dengan baik, dan saya juga depresi pada saat itu, dan itulah bagaimana saya memilih untuk menghadapi bagian dari diri saya itu," kata Jin.

Saat itu, dia mengatakan tidak pernah memiliki kesempatan untuk bertemu dengan dirinya sendiri. Karena itu, dia mengatakan dirinya hanya merasa seperti tenggelam di lautannya sendiri dan kembali untuk berjalan lagi di pantai.

Jin menunjukkan pertumbuhannya sebagai seorang seniman melalui liriknya yang dalam dan jujur. Dia juga membahas bagaimana kali ini membantunya tumbuh. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA