Sukabumi Raih Penghargaan Kota Layak Anak Peringkat Nindya

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Fakhruddin

Sukabumi Raih Penghargaan Kota Layak Anak Peringkat Nindya (ilustrasi).
Sukabumi Raih Penghargaan Kota Layak Anak Peringkat Nindya (ilustrasi). | Foto: ANTARA FOTO/Suwandy

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Kota Sukabumi mendapatkan Penghargaan sebagai Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2021 dengan peringkat Nindya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Pemberian penghargaan ini dilakukan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga kepada wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi secara virtual di Balai Kota Sukabumi, Kamis (29/7).

''Alhamdulillah Kota Sukabumi kembali mendapatkan penghargaan kota layak anak di tahun 2021 dan lebih bersyukur lagi tahun ini naik peringkat sebelumnya Madya dan sekarang peringkat Nindya,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. Seperti diketahui peringkat KLA yakni mulai Pratama, Madya, Nindya, Utama, dan KLA.

Pencapaian ini kata Fahmi, tentunya sebagai bukti adanya kolaborasi yang baik antara SKPD khususnya Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Sukabumi dan Badan Perencanaan Pembagunan Daerah (Bappeda). Selain itu dengan berkolaborasi bersama elemen masyarakat, media dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Selain itu kata Fahmi, menunjukkan bagaimana perencanaan pembangunan di kota telah mengakomodir hak anak dalam proses pembangunan. Di sisi lain penghargaan ini untuk semakin maju memenuhi hak anak dan melindungi anak.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga mengatakan, KLA merupakan sistem pembangunan berbasis hak anak yang dilakukan melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, media dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh. Selain itu berkelanjutan dalam bentuk kebijakan program dan kegiatan, khususnya ditujukan untuk menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak.

''Diberikan kepada daerah yang mempunyai komitmen tinggi untuk mendukung penemuhan hak anak dan perlindungan khusus anak melalui proses evaluasi tim dari kementerian dan tim independen,'' cetus I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga. Evaluasi mengukur 24 indikator yang ditetapkan dan akhirnya bermuara pada lima peringkat yakni Pratama, Madya, Nindya, Utama, dan KLA.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Pandemi Covid-19 dan Langkah Atasi Tekanan Ibu-Anak

TP-PKK Bangun Gerakan Cegah Perkawinan Anak

Sukabumi Resmi Canangkan Vaksinasi Anak Usia 12-17 Tahun

Anak Kita Cerminan Diri Kita

Anak Indonesia Dinilai Sudah Sangat Rindu Kehidupan Normal

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image