Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Film Die Hard 6 Batal, Ini Penyebabnya

Kamis 29 Jul 2021 13:27 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti

Film A Good Day to Die Hard (Die Hard 5).

Film A Good Day to Die Hard (Die Hard 5).

Foto: 20th Century Fox
Konsep film yang disiapkan bertahun-tahun buyar saat Disney mengakuisisi Fox.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Keterangan mengenai sinema McClane, yang direncanakan sebagai prekuel waralaba Die Hard, masih tertera di sejumlah situs filmografi. IMDb maupun Wikipedia menyebutnya Die Hard 6 yang dibatalkan.

Salah satu sineas yang tadinya bakal memproduseri film, Lorenzo di Bonaventura, menegaskan bahwa proyek tersebut memang tidak terwujud. Walaupun urung digarap, Bonaventura menganggap prosesnya tak mengecewakan.

"Ya, itu tidak terjadi, tapi hal yang menarik adalah kami benar-benar mendapat ide untuk melakukannya. Semula itu bukan proyek Die Hard, yang kemudian, akhirnya, beralih ke Die Hard," ujarnya dilansir di laman Polygon, Kamis (29/7).

Film-film Die Hard punya pendekatan serupa, yakni mengubah karya orisinal menjadi pijakan plot tentang sosok John McClane (Bruce Willis). Setelah kesuksesan film perdana pada 1988, waralaba kian berkembang.

Sinema pertama arahan John McTiernan mengadaptasi novel terbitan 1979 berjudul Nothing Lasts Forever karya Roderick Thorp. Buku tersebut lantas diubah menjadi bentuk naskah oleh Jeb Stuart and Steven E de Souza.

Untuk sekuel kedua, basis cerita didasarkan pada novel 58 Minutes karya Walter Wager serta Characters karya Roderick Thorp. Tim penulis naskah adalah Steven E de Souza dan Doug Richardson.

Die Hard with a Vengeance, film ketiga, awalnya hendak memakai skrip asli. Warner Bros mengubahnya menjadi semacam waralaba Lethal Weapon dan tak berhasil. Naskah pun dijual ke 20th Century Fox.

Bonaventura menyampaikan, tadinya McClane akan menerapkan hal yang tak jauh berbeda. Sutradara sekaligus produser Len Wiseman bahkan telah diumumkan terlibat dalam proyek bersama Willis pada 2015.

Bakal ada dua versi dari tokoh utama John McClane di film, dirinya yang sekarang dan yang masih muda. Ada beberapa konsep naskah Die Hard 6 yang dipertimbangkan dan didiskusikan selama bertahun-tahun oleh tim.

Salah satunya termasuk Old Habits Die Hard, yang menggemparkan pada 2013 karena diunggah secara penuh ke dunia maya. Sayangnya, semua itu buyar ketika Disney mengakuisisi Fox pada 2019.

Di bawah naungan Walt Disney Corporation, 20th Century Studios beranjak ke arah produksi yang berlainan. Untuk saat ini, sosok John McClane bisa dikatakan masih tertidur dan tak ada rencana sekuel keenam Die Hard.

Meski begitu, di era konten streaming dan tuntutan kekayaan intelektual (IP), tidak ada kisah yang benar-benar mati. "Saya tidak tahu apa rencana mereka," kata Bonaventura.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA