Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Penjualan PlayStation 5 Capai 10 Juta Unit

Kamis 29 Jul 2021 11:44 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Sony PS5.

Sony PS5.

Foto: t3
Penjualan PS5 masih dibayang-bayangi kekurangan pasokan chip global.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Sony telah menjual lebih dari 10 juta konsol PlayStation 5 (PS5). Jumlah ini naik dari 7,8 juta yang terjual pada akhir April.

Meskipun kekurangan chip, PlayStation 5 melanjutkan langkahnya sebagai konsol Sony dengan penjualan tercepat dalam sejarah. Penjualan PS5 mengalahkan PS4 dengan selisih yang signifikan.

Baca Juga

Basis pemain yang berkembang pesat membantu gim PlayStation 5 mencapai pencapaian sejarah mereka sendiri. Spider-Man: Miles Morales telah terjual lebih dari 6,5 juta salinan sejak diluncurkan November lalu. Sementara blockbuster AAA terbaru, Ratchet & Clank: Rift Apart, sudah terjual 1,1 juta kopi sejak Juni.

Dilansir dari Laptop Mag, Kamis (29/7), Returnal, hit dari Housemarque yang mendapat pujian luas, telah terjual 560.000 eksemplar sejak diluncurkan pada April.

Penjualan PS5 tidak menunjukkan tanda-tanda melambat dengan permintaan terus melebihi pasokan. Hype terus berlanjut di sekitar konsol seharusnya mendorong Sony tetapi kekurangan chip global tetap menjadi tantangan.

Membeli konsol adalah proses yang sulit dan membuat frustasi yang hampir tidak mungkin dilakukan oleh calo yang membeli dan menjual kembali dengan harga selangit. Sony mengakui kekurangan chip, mengakui perlu mengambil langkah.

“Meksipun PS5 telah menjangkau lebih banyak rumah tangga lebih cepat daripada konsol kami sebelumnya, kami masih memiliki banyak pekerjaan di depan kami karena permintaan untuk PS5 terus melampaui pasokan,” kata Jim Ryan, presiden dan CEO Sony Interactive Entertainment.

“Saya ingin para gamer tahu bahwa sementara kami terus menghadapi tantangan unik di seluruh dunia yang memengaruhi industri kami dan banyak lainnya, meningkatkan tingkat inventaris tetap menjadi prioritas utama SIE,” ujarnya lagi.

Menurut analis senior di Niko Partners Daniel Ahmad, sebagian perbandingan, Microsoft diperkirakan telah menjual 6,5 juta konsol Xbox Series X dan Series S pada 30 Juni 2021.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA