Kamis 29 Jul 2021 07:18 WIB

Red Bull Tes Kelayakan Mesin Verstappen di Hungaria

Verstappen terlibat kecelakaan dengan Lewis Hamilton di GP Inggris.

Aksi pembalap Red Bull Max Verstappen di GP Styria. Verstappen akan kembali membalap di sirkuit yang sama, Red Bull Ring Spielberg, pada GP Austria akhir pekan ini.
Foto: EPA-EFE/CHRISTIAN BRUNA
Aksi pembalap Red Bull Max Verstappen di GP Styria. Verstappen akan kembali membalap di sirkuit yang sama, Red Bull Ring Spielberg, pada GP Austria akhir pekan ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Red Bull akan menguji power unit yang digunakan Max Verstappen di Sirkuti Silverstone pada sesi latihan bebas pertama Grand Prix Hungaria. Dapur pacu RB16B sang pembalap Belanda tersebut terlibat kecelakaan hebat di GP Inggris.

Setelah start dari pole position, Verstappen berupaya menahan upaya rivalnya, Lewis Hamilton, dari tim Mercedes. Namun Hamilton menyalip hingga menyinggung ban belakang Verstappen di tikungan Copse Sirkuit Silverstone. Mobil Verstappen kehilangan kendali sehingga melaju kencang menabrak pagar pembatas dengan estimasi gaya benturan sebesar 51G.

Baca Juga

Meski sasis mobil mengalami kerusakan parah, power unit milik Verstappen dikirim ke departemen mesin Honda di Jepang. Pabrikan pemasok mesin Red Bull itu menyatakan mesin tersebut cukup fit digunakan, paling tidak di pada sesi latihan Jumat (30/7), GP Hungaria, dan kemungkinan lebih lanjut.

"PU-nya dikirim kembali ke Sakura untuk pengecekan menyeluruh," demikian pernyataan resmi Honda seperti dikutip laman resmi F1, Rabu (28/7). "Kami juga mengganti sejumlah bagian, sebagaimana diizinkan dalam regulasi, tanpa melanggar segel FIA."

Red Bull akan menjalankan tes trek untuk bisa mendapat gambaran yang lebih jelas tentang kelayakan mesin untuk balapan. Apabila power unit itu dinyatakan layak digunakan untuk balapan, maka itu akan melegakan Red Bull. Sebab ada tekanan finansial yang diperkirakan merugikan mereka sebesar 1,8 juta dolar AS jika mengganti mesin.

Red Bull juga ingin menghindari penalti grid karena melakukan pergantian elemen power unit, di tengah persaingan ketat perebutan gelar dengan Hamilton.

Menuju Hungaria, Hamilton telah memangkas defisit 33 poin berkat kemenangan kontroversialnya di Silverstone sehingga kini terpaut delapan poin saja dari Verstappen yang masih menghuni puncak klasemen. Sedangkan Mercedes berjarak empat poin saja dari Red Bull di klasemen konstruktor.

Klasemen Sementara Pembalap F1

1. Max Verstappen - Red Bull Racing Honda - 185

2. Lewis Hamilton - Mercedes - 177

3. Lando Norris - McLaren Mercedes - 113

4. Valtteri Bottas - Mercedes - 108

5. Sergio Perez - Red Bull Racing Honda - 104

6. Charles Leclerc - Ferrari - 80

7. Carlos Sainz - Ferrari - 68

8. Daniel Ricciardo - McLaren Mercedes - 40

9. Pierre Gasly - AlphaTauri Honda - 39

10. Sebastian Vettel - Aston Martin Mercedes - 30

11. Fernando Alonso - Alpine Renault - 26

12. Lance Stroll - Aston Martin Mercedes - 18

13. Esteban Ocon - Alpine Renault - 14

14. Yuki Tsunoda - AlphaTauri Honda - 10

15. Kimi Räikkönen - Alfa Romeo Racing Ferrari - 1

16. Antonio Giovinazzi - Alfa Romeo Racing Ferrari - 1

17. George Russell - Williams Mercedes - 0

18. Mick Schumacher - Haas Ferrari - 0

19. Nikita Mazepin - Haas Ferrari - 0

20. Nicholas Latifi - Williams Mercedes - 0

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement