Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

PAN: Maksimalkan Rumah Dinas untuk Isoman Anggota DPR

Kamis 29 Jul 2021 00:29 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani

Sekretaris Jenderal PAN Eddy Suparno saat diwawancarai di Kantor DPP PAN, Jalan Senopati, Jakarta, Rabu (22/8).

Sekretaris Jenderal PAN Eddy Suparno saat diwawancarai di Kantor DPP PAN, Jalan Senopati, Jakarta, Rabu (22/8).

Foto: Republika/Fauziah Mursid
Rumah dinas anggota DPR berada di kompleks khusus tak berdekatan dengan masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN), Eddy Soeparno mengkritisi fasilitas hotel untuk isolasi mandiri (isoman) bagi anggota DPR yang positif Covid-19. Menurutnya, sebaiknya legislator memaksimalkan rumah dinasnya untuk isoman.

"Saya sejak awal sudah menyuarakan agar rumah jabatan anggota DPR RI digunakan sebagai tempat isoman. Karena itu terkait adanya usulan fasilitas hotel, sikap kami tetap sama yaitu maksimalkan saja rumah jabatan," ujar Eddy kepada wartawan, Rabu (28/7).

Menurutnya, rumah dinas anggota DPR berada di kompleks khusus yang tak berdekatan langsung dengan masyarakat. Sehingga, proses isoman pun lebih akan lebih maksimal saat dilakukan.

"Rumah jabatan anggota itu kompleks yang terintegrasi dan tertutup dari warga. Itulah kenapa sejak awal saya meyakini rumah jabatan bisa digunakan untuk warga isoman," ujar Eddy.

Fraksi PAN, kata Eddy, akan terlebih dahulu memaksimalkan rumah jabat jika ada anggotanya yang positif Covid-19. Ia sendiri mengaku tak akan menggunakan fasilitas hotel untuk isoman, jika dirinya terinfeksi virus tersebut.

"Saya pribadi tidak akan menggunakan fasilitas itu dan tetap akan mengajak teman-teman untuk tetap memaksimalkan rumah jabatan. Lebih baik anggarannya digunakan untuk membantu rakyat di saat pandemi ini," ujar Eddy yang merupakan Wakil Ketua Komisi VII DPR itu.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI, Indra Iskandar, menjelaskan alasan Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR memberikan fasilitas isolasi mandiri (isoman) di hotel bagi anggota DPR yang terpapar positif Covid-19.

Selain itu tingginya aktivitas anggota DPR dalam kegiatannya di dapil juga berpotensi tertular Covid-19. Sehingga, kesetjenan menyiapkan berbagai kemungkinan untuk mengantisipasi hal itu.

Indra mengatakan sampai hari ini belum ada anggota yang memakai fasilitas tersebut lantaran baru diumumkan kemarin. "Belum (ada anggota yang menggunakan fasilitas tersebut)," ujarnya.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA