Rabu 28 Jul 2021 11:56 WIB

AS Khawatir China Bangun Kekuatan Nuklir

Kekhawatiran AS muncul setelah laporan menyebut China membangun 110 silo rudal

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Bendera China. Pentagon dan anggota Kongres Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik mengungkapkan kekhawatiran terbaru mereka mengenai China.
Foto: ABC News
Bendera China. Pentagon dan anggota Kongres Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik mengungkapkan kekhawatiran terbaru mereka mengenai China.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pentagon dan anggota Kongres Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik mengungkapkan kekhawatiran terbaru mereka mengenai China. Mereka khawatir China membangun kekuatan nuklir setelah muncul laporan yang mengatakan Beijing membangun 110 silo rudal.

Dalam laporannya Senin (27/7) kemarin, Federasi Ilmuwan Amerika (AFS) mengatakan foto satelit menunjukkan China membangun ratusan silo di sebuah tanah lapang di dekat Hami bagian timur Xinjiang. Silo adalah bangunan yang digunakan untuk menyimpan materi tertentu.

Baca Juga

Beberapa pekan sebelumnya juga ada laporan yang menyebutkan China membangun 120 silo rudal di Yumen, sebuah daerah gurun sekitar 240 mil atau 380 kilometer di bagian tenggara negara itu.

"Ini kedua kalinya dalam dua bulan masyarakat menemukan apa yang selama ini kami katakan tentang meningkatnya ancaman yang dihadapi dunia dan kerahasiaan yang mengelilinginya," cicit Komando Strategis AS di Twitter sambil menautkan artikel New York Times mengenai laporan AFS, Selasa (28/7).

Bulan Juli lalu, Departemen Luar Negeri AS mengatakan pengembangan nuklir China mengkhawatirkan. Menurut AS kini Beijing tampaknya menyimpang dari strategi nuklir minimal deterrence yang mereka terapkan selama puluhan tahun.

Minimal deterrence adalah strategi nuklir di mana suatu negara tidak memiliki senjata nuklir lebih dari yang diperlukan untuk mencegah musuh menyerang. AS meminta China untuk mengikuti 'langkah-langkah praktis untuk mengurangi resiko destabilisasi yang disebabkan perlombaan senjata'.

Anggota Kongres AS dari Partai Republik Mike Turner mengatakan pembangunan nuklir yang China lakukan 'tidak pernah terjadi sebelumnya'. Anggota Sub-komite Angkatan Bersenjata pada Pasukan Strategis House of Representative itu menegaskan China 'mengerahkan senjata nuklir untuk mengancam Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya'.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement