Distribusi Komoditas Holtikultura Terhambat PPKM Darurat

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Muhammad Fakhruddin

Distribusi Komoditas Holtikultura Terhambat PPKM Darurat (ilustrasi).
Distribusi Komoditas Holtikultura Terhambat PPKM Darurat (ilustrasi). | Foto: Republika/bowo pribadi

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Plt Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jatim, Bagus Adhirasa mengakui, komiditas hortikultura yang terdiri dari buah-buahan, sayur-sayuran, dan tanaman obat mengalami fluktuatif harga selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Faktornya ialah distribusi yang terhambat. 

Bagus mengakui, beberapa komoditas hortikultura harganya tidak stabil dan cenderung mengalami naik-turun. Terutama pada komoditas cabai. Selisih harga di tingkat konsumen dan produsen bahkan bisa mencapau 20 persen. 

"Hal ini disebabkan kondisi faktor distribusi dari produsen ke konsumen terhambat selama pelaksanaan PPKM ini," ujarnya, Rabu (28/7). 

Meski demikian, kata Bagus, selama PPKM Darurat, sektor pertanian Jatim mengalami pertumbuhan mencapai 10,64 persen. Artinya, sektor ini mengalami pertumbuhan tertinggi. Namun, khusus komoditas hortikultura terjadi kontraksi karena daya simpan terbatas. 

"Sedangkan untuk pangan yang strategis khusus beras, jagung, dan kedelai harganya relatif terkendali. Malah terjadi penurunan harga kisaran harga dua sampai tiga persen," ujar Bagus. 

Terkait adanya hambatan alur distribusi di tengah PPKM Darurat,  Bagus mengajak masyarakat, terutama petani untuk memanfaatkan teknologi untuk proses jual beli. Ia menyebut, saat ini sudah ada beberapa petani yang memanfaatkan pasar online untuk menjual produknya.

"Karena memang usaha pertanian ini didorong pemasarannya melalui market place lumbung pangan yang dikembangkan oleh Pemprov Jatim," kata dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Epidemiolog Prediksi Lonjakan Covid-19 Mereda pada Oktober

Ridwan Kamil Lobi 70 Perusahaan Cari Dana Tangani Covid-19

Sukabumi Resmi Canangkan Vaksinasi Anak Usia 12-17 Tahun

Wagub Jateng Apresiasi Pendonor Plasma Konvalesen Meningkat

Anggota Dewan Isoman di Hotel, Ini Penjelasan Sekjen DPR

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark