Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

UNS Siapkan Dua Rumah Sehat untuk Isolasi Mandiri

Rabu 28 Jul 2021 09:53 WIB

Rep: Binti Sholikah/ Red: Andi Nur Aminah

Petugas menyiapkan tempat tidur untuk pasien Covid-19 yang harus menjalani isolasi (ilustrasi)

Petugas menyiapkan tempat tidur untuk pasien Covid-19 yang harus menjalani isolasi (ilustrasi)

Foto: Antara/Reno Esnir
Ini bentuk kepedulian dunia kampus dalam hal ini UNS menanggulangi pandemi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menyiapkan dua rumah sehat sebagai tempat isolasi mandiri (isoman) bagi masyarakat yang dinyatakan positif Covid-19. Rumah sehat pertama berada di gedung Merc di kompleks Rumah Sakit (RS) UNS di Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Sedangkan rumah sehat kedua di gedung E Asrama Mahasiswa UNS Ngoresan, Jebres, Solo.

Rektor UNS, Jamal Wiwoho mengatakan, banyaknya masyarakat yang terkena Covid-19 sampai saat ini mendorong UNS untuk meningkatkan solidaritas sosial dan berbagi bersama dengan berbagai kegiatan empati sosial yang dilakukan oleh segenap komponen masyarakat. Termasuk, kepedulian dunia kampus dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

Baca Juga

Jamal menambahkan, UNS tidak tinggal diam. Sejak awal pandemi Maret 2020, UNS sudah menggalang aksi sosial dari para dosen dan tenaga kependidikan yang rela menyisihkan uang remunerasi/tunjangan dosen/tunjangan guru besar/uang makan dan lain-lain hampir Rp 1 milliar. Dana terseut untuk digunakan para mahasiswa, karyawan UNS dan masyarakat sekitar kampus yang terdampak pandemi Covid-19.

Periode selanjutnya, gerakan solidaritas sosial dan tolerensi UNS menghadapi Covid-19 ini diteruskan sampai saat ini. Caranya dengan pengumpulan donasi UNS Peduli Covid-19 yang mempertimbangkan makin meningkatnya penyebaran Covid-19.

"Jadi UNS menginisiasi gerakan rumah sehat pertama di Gedung Merc di kompleks RS UNS dan rumah sehat kedua di Gedung E Asrama Mahasiswa UNS Ngoresan, Jebres, Solo," kata Jamal seperti tertulis dalam siaran pers yang diterima Republika.co,id, Rabu (28/7).

Rumah sehat pertama diperuntukan bagi pasien isolasi mandiri sudah dioperasionalkan sejak akhir Januari 2021. Rumah sehat pertama ini berkapasitas 180 tempat tidur dengan fasilitas makan tiga kali, vitamin, wifi, area berjemur, kamar mandi, mesin cuci dan lain-lain serta didampingi tenaga kesehatan RS UNS dan para psikolog.

Sedangkan pelayanan pada rumah sehat kedua untuk isolasi mandiri di Asrama Mahasiswa UNS menyediakan 114 kamar. Asrama tersebut dilengkapi fasilitas 10 kamar ber AC, 228 tempat tidur, dua kamar mandi per kamar dan mendapat fasilitas makan tiga kali, multi vitamin, wifi, TV, sarana olahraga, area berjemur, lapangan yang luas, taman dan alat memasak.

Semua sarana dan prasarana baik di rumah sehat pertama dan rumah sehat kedua untuk aktivitas isolasi mandiri diperuntukkan bagi mahasiswa atau karyawan UNS ataupun masyarakat Sukoharjo dan masyarakat sekitar kampus Kentingan. "Pemanfaatan rumah sehat pertama dan kedua UNS untuk isolasi mandiri bagi para penderita Covid-19 tersebut semuanya tanpa dipungut biaya alias gratis. Ini sebagai bentuk solidaritas sosial," ungkap Jamal.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA