Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Dirgahayu Gelar 90, Semangat Antikorupsi Mengabdi untuk NKRI

Rabu 28 Jul 2021 09:27 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

Polri...

Polri...

Suka duka, mulai tangis, canda hingga tawa, selalu kami (Taruna Gelar 90) hadapi.

Oleh : Firli Bahuri, Ketua KPK RI

REPUBLIKA.CO.ID, Sungguh tidak terasa hari ini, Senin 26 Juli 2021, saya beserta para sahabat yang terpanggil menjadi abdi negara dengan mengikuti Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) Angkatan 1990 (Tidar 90 Navati AD - Moro 36 AL - Kompak 90 AU - Dhira Brata Polri). Artinya telah 31 Tahun membaktikan segenap jiwa raga seutuhnya bagi nusa dan bangsa serta rakyat Indonesia.

"Together for Ever, Bersama Selamanya", Semboyan Akabri Angkatan 90 yang dikenal dengan sebutan Gelar 90 (Gema Lembah Tidar 90), sudah tentu telah menjadi pondasi dan semangat bagi putra-putri terbaik bangsa yang mengenyam pendidikan dan pelatihan di Akabri, untuk senantiasa menjaga kebersamaan dalam menjalankan tugas dan kewajiban sebagai abdi negara di republik ini. Seperti detak jantung yang bertaut, setiap insan Akabri saling terpaut satu dengan yang lainnya, selalu berdenyut menggelorakan nyala api dan semangat juang sampai akhir di manapun kita ditugaskan, ditempatkan dan dibutuhkan oleh negara dan rakyat Indonesia.

Syukur Alhamdulillah, kerja keras, dedikasi dan pengabdian tanpa batas lulusan Taruna Akabri Angkatan 1990 kepada bangsa dan negara, dapat kita lihat dari capaian kinerjanya yang luar biasa, sehingga negara menyematkan pangkat serta menempatkan alumnus-alumnus Gelar 90 untuk memimpin sejumlah pos/tempat strategis.

Dari lulusan Akabri Angkatan 1990, tercatat 147 alumnus  menjadi Perwira Tinggi (Pati). Pati di jajaran TNI AD dengan rincian 6 orang menyemat pangkat Mayor Jenderal (Mayjen bintang dua) sebagai Pangdam (Kasuari dan Hasanudin), 1 orang sebagai Deputi 3 Bin, 1 orang menjadi Wadan Pussenif, 1 orang di Ir Kodiklat AD, 1 orang sebagai Pati Ahki Tk 3 dan 25 alumnus lainnya dapat meraih pangkat Brigadir Jenderal (Brigjen bintang satu) di lingkungan TNI AD.

Untuk TNI AL, tercatat 33 orang alumnus Akabri 1990 menyemat pangkat Laksamana Muda (Laksda bintang dua) sebagai Pati di TNI AL. Sedangkan di TNI AU, sebanyak 3 orang alumnus Akabri Angkatan 1990 menjadi Pati dengan pangkat Marsekal Muda (Marsda bintang dua) dan 25 lainnya menyandang pangkat Marsekal Pertama (Marsma bintang satu). Sementara lulusan Akabri Angkatan 90 dari unsur Bhayangkara, tercatat 1 orang menyemat Pangkat Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol bintang tiga), 16 berpangkat Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol bintang dua), dan 38 orang alumnus lainnya menyandang pangkat Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol bintang satu).

Suka duka, mulai tangis, canda hingga tawa, selalu kami (Taruna Gelar 90) hadapi hingga lalui bersama saat digembleng segenap jiwa dan raga kami oleh pendidik, pengajar dan pelatih serta senior di Akabri, sebagai bekal dan syarat kelulusan menjadi seorang perwira. Di sinilah semboyan Gelar 90 'Together for Ever, Bersama Selamanya' tercipta dan hingga saat ini menjadi penyemangat para Taruna Akabri Angkatan 90, untuk senantiasa bahu membahu dalam menjalankan tugas dan kewajiban sebagai abdi negara.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA