Rabu 28 Jul 2021 08:32 WIB

BNPT Gelar Vaksinasi di Dua Lokasi di Kabupaten Poso

Dinkes Kabupaten Poso merasa terbantu pelayanan BNPT, karena kekurangan stok vaksin.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Boy Rafli meninjau pelaksanaan vaksinasi di Tentena, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah pada Selasa (27/7).
Foto: Dok BNPT
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Boy Rafli meninjau pelaksanaan vaksinasi di Tentena, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah pada Selasa (27/7).

REPUBLIKA.CO.ID, POSO -- Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar vaksinasi bagi mitra BNPT di Kelurahan Tentena, Kecamatan Pamona Puselemba, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah pada Selasa (27/7). Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan BNPT dalam menyukseskan program vaksinasi pemerintah.

Hal itu demi mempercepat penanganan kasus Covid-19 di Indonesia, yang belakangan ini mengalami lonjakan. Penerima vaksin di kedua lokasi tersebut ditargetkan sebanyak 300 orang.

Vaksinasi yang menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Poso dilaksanakan di Pondok Pesantren Walisongo 1 Poso menargetkan 200 orang yang terdiri atas santriwan-santriwati, mitra deradikalisasi, dan juga masyarakat setempat. Sedangkan vaksinasi di Tentena menyasar 100 orang penerima.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Poso, Yan E Guluda, juga turut mendapat vaksin dosis pertama pada kegiatan vaksinasi BNPT. Kepala BNPT, Komjen Boy Rafli Amar didampingi jajaran pejabat BNPT meninjau langsung ke lokasi pelaksanaan vaksinasi.

Boy mengatakan, BNPT selalu mendukung pemerintah untuk mencapai kekebalan komunal (herd immunity) di masyarakat. "Proses vaksinasi ini dalam rangka memaksimalkan angka vaksinasi nasional, dalam mendukung herd immunity dapat dicapai dalam waktu lebih cepat," katanya di Kabupaten Poso, Selasa.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Poso, Hans Irawan Siman, menjelaskan, masyarakat sangat antusias dan menyadari pentingnya vaksin sebagai pencegahan Covid-19. Namun, kurangnya stok vaksin di daerah menjadi kendala.

Hans pun mengapresiasi kehadiran BNPT melalui program vaksinasi di Poso. "Kami kekurangan stok vaksin, kalau ada pelayanan BNPT itu sangat membantu pelayanan vaksinasi Covid bagi masyarakat, karena mereka menyadari vaksinasi itu perlu dan harus mendapatkan (vaksin)," jelasnya.

Sebelum kegiatan vaksinasi, Subdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT, yang berada dibawah Direktorat Pencegahan BNPT mengadakan silaturahim dengan mitra deradikalisasi BNPT di Tentena, Kabupaten Poso. Tak hanya itu, BNPT juga menggelar dialog kebangsaan dan keagamaan yang dihadiri oleh para mitra dari lintas agama.

Dalam kunjungan ini, Kepala BNPT didampingi Sestama BNPT Mayjen Untung Budiarto, Deputi 1 BNPT Mayjen Hendri Lubis Paruhuman, Pelaksana Tugas (Plt) Deputi 2 BNPT Brigjen Edi Hartono, Kepala Biro Umum BNPT Marsma Fanfan Infansyah, Dandim 1307/Poso, Kapolres Poso, dan sejumlah pejabat daerah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement