Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

6 Jenis Olahraga yang Bantu Kurangi Lemak Tubuh

Rabu 28 Jul 2021 05:05 WIB

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Nora Azizah

Jenis olahraga ini bisa bantu kurangi lemak tubuh di usia 40 tahun.

Jenis olahraga ini bisa bantu kurangi lemak tubuh di usia 40 tahun.

Foto: www.freepik.com
Jenis olahraga ini bisa bantu kurangi lemak tubuh di usia 40 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski mayoritas orang di usia 40-an cenderung lebih mapan, percaya diri dan memiliki banyak keterampilan serta kebijaksanaan, sudah menjadi rahasia umum jika usia tersebut mengalami penuaan lebih cepat termasuk lemak tubuh yang semakin menumpuk. Hal itu, bisa disebabkan oleh frustasi atau kurangnya olahraga yang dilakukan.

"Seiring bertambahnya usia, Anda mulai kehilangan otot dan kelebihan lemak tubuh karena perubahan hormon dan kurangnya aktivitas fisik," kata Vanessa Johnson, NCPT dan direktur pelatihan instruktur untuk Club Pilates dikutip Eat this, Selasa (27/7).

Dia menambahkan, olahraga dalam segala bentuk latihan, bisa membantu orang dewasa menurunkan berat badan dengan asumsi tetap dalam defisit kalori. Meski memasuki usia tersebut, kata Johnson, gerakan secara alami bisa membakar lebih banyak kalori dan meningkatkan massa otot.

Berdasarkan rangkuman, berikut adalah olahraga yang baik menurut ahli untuk membakar lemak tubuh yang membandel di atas usia 40 tahun.


1. Berenang
"Meskipun kelihatannya sangat mudah, berenang sangat cocok untuk rehabilitasi, tetapi, juga dapat membantu Anda membakar banyak kalori tanpa membuat tubuh Anda bekerja terlalu keras," kata Johnson.

Berenang, menjadi pilihan yang bagus bagi banyak orang, terutama orang-orang yang kelebihan berat badan atau mereka yang berjuang dengan nyeri sendi. “Anda bisa mencoba berbagai latihan selain berenang di kolam renang seperti jogging di tempat, squat, leg raise, dan side jumps,” tambah Johnson.


2. Pilates
Cara ini adalah metode yang baik untuk menjadi kurus. Pasalnya, gerakan tersebut bisa membantu Anda mempertahankan massa otot sambil meningkatkan kebugaran fisik Anda secara keseluruhan.

"Pilates dikenal paling baik karena kemampuannya untuk memperbaiki postur yang berarti sangat efektif dalam membangun kekuatan inti, dan otot tambahan akan membantu Anda membakar lebih banyak kalori di luar latihan Anda," kata Johnson.


3. Jalan cepat
Meski ini bisa jadi merupakan keseharian sebagian orang, siapa sangka jika jalan cepat bisa menjadi pilihan bagus untuk menjaga kebugaran. "Cobalah menambahkan jalan-jalan kecil sepanjang hari Anda untuk membuat otot Anda terbiasa terlibat secara teratur," kata Jessica Cifelli, instruktur master senior untuk CycleBar.


4. Bersepeda
Aktivitas bersepeda, dikatakan para ahli memiliki dampak yang baik untuk orang di atas usia 40 tahun. Sebab, bersepeda bisa memungkinkan penyesuaian tingkat intensitas berdasarkan pengalaman dan status kesehatan saat ini.

"Upaya yang lebih tinggi dalam bersepeda memungkinkan peningkatan metabolisme sepanjang hari, skenario ideal untuk membakar kalori bahkan ketika aktivitas selesai," kata Cifelli.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA