Selasa 27 Jul 2021 17:30 WIB

UMY Masuk 10 Besar di Indonesia Versi Webometrics

UMY masuk peringkat kedua di DIY setelah UGM.

Rep: wahyu suryana/ Red: Hiru Muhammad
Kampus UMY.
Foto: Wahyu Suryana.
Kampus UMY.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL--Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil naik peringkat ke 10 besar universitas terbaik di Indonesia versi Webometrics 2021. Sebelumnya, UMY masuk peringkat 15 universitas terbaik yang artinya naik lima peringkat.

Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Internasional UMY, Prof Achmad Nurmandi mengatakan, UMY masuk peringkat kedua di DIY setelah UGM. Kenaikan signifikan dari peringkat Januari 2021 terjadi dari sisi visibilitas atau dampak UMY.

"Demikian pula dari peringkat openness dan excellence, yang ditunjukkan pada meningkatnya jumlah paper dan sitasi yang dihasilkan dosen dan mahasiswa UMY," kata Nurmandi, Selasa (27/7).

Kepala Lembaga Sistem Informasi UMY, Wahyudi menuturkan, pemeringkatan ini dilihat berdasarkan data UMY naik di sisi indikator penilaian dampak. Dari data, UMY naik dari sisi jumlah link yang juga jadi indikator untuk UMY.

Selain itu, UMY bersih dari sisi google scholar yaitu tidak adanya artikel dari luar yang tercampur di web UMY. Wahyudi menyampaikan, upaya-upaya peningkatan prestasi ini butuh sinergi kerja sama dari dosen-dosen.

Terutama, untuk meningkatkan jumlah dan kualitas artikel ilmiah. Sehingga, dapat terdeteksi di google scholar, dan artikel-artikel tersebut tentunya harus berkualitas, sehingga banyak yang melakukan sitasi artikel tersebut.

Wahyudi berharap, dengan kenaikan peringkat ini UMY dapat lebih dikenal secara internasional dan menjadi acuan semangat bagi civitas akademika UMY. Selain itu, UMY memiliki branding yang bereputasi baik di skala internasional.

"Semoga ini juga jadi acuan semangat menebar manfaat masyarakat melalui konten-konten atau artikel-artikel yang disajikan UMY yang mudah diakses masyarakat," ujar Wahyudi. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement