Selasa 27 Jul 2021 16:12 WIB

Capaian Vaksinasi Covid-19 di Mataram Tertinggi di NTB

Saat ini, capaian vaksinasi Covid-19 Mataram sebesar 48,47 persen.

Dinas Kesehatan Kota Mataram menyebutkan, capaian vaksinasi COVID-19 di Mataram menjadi yang tertinggi di Nusa Tenggara Barat.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Dinas Kesehatan Kota Mataram menyebutkan, capaian vaksinasi COVID-19 di Mataram menjadi yang tertinggi di Nusa Tenggara Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Dinas Kesehatan Kota Mataram menyebutkan, capaian vaksinasi COVID-19 di Mataram menjadi yang tertinggi di Nusa Tenggara Barat. Saat ini, capaian vaksinasi Mataram terealisasi sebesar 48,47 persen atau 152.954 orang dari target 300.000 sasaran.

"Cakupan itu sesuai dengan data yang dikeluarkan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), per tanggal 26 Juli 2021," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Mataram dr H Usman Hadi di Mataram, Selasa (27/7).

Baca Juga

Cakupan vaksinasi COVID-19 menjadi salah satu kriteria penentuan level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), sehingga perlu dilakukan percepatan. Karena itulah, pihaknya, saat ini sedang melakukan percepatan vaksinasi melalui 11 puskesmas dan 16 fasilitas kesehatan (faskes) lainnya di Kota Mataram.

"Prinsipnya, percepatan vaksinasi ini sangat tergantung dengan ketersediaan vaksin. Jika stok vaksin ada, kita bisa lebih cepat meningkatkan cakupan begitu sebaliknya," katanya.

Menurutnya, stok vaksin terakhir diterima Dinkes Kota Mataram sebanyak 5.000 dosis atau 500 vial pada Rabu (21/7). Vaksin tersebut sudah langsung didistribusikan lagi ke puskesmas dan faskes lainnya.

"Sekarang stok di kami sudah kosong. Tapi kalau di puskesmas atau di faskes lainnya masih tersedia dan diprioritaskan untuk pemberian dosis kedua," katanya.

Pemberian prioritas dosis kedua ini dimaksudkan agar masyarakat yang sudah dapat vaksin dosis pertama bisa tepat waktu mendapat dosis kedua agar efektivitas pembentukan antibodi bisa maksimal.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement