Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

BPJS Kesehatan Kembangkan Pengaduan Lewat SIPP

Selasa 27 Jul 2021 12:57 WIB

Red: Gita Amanda

Aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP) akan diimplentasikan di seluruh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Cabang Gorontalo.

Aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP) akan diimplentasikan di seluruh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Cabang Gorontalo.

Foto: BPJS Kesehatan
Tujuan aplikasi SIPP di FKTP ini untuk sarana informasi bagi peserta

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO -- BPJS Kesehatan terus melakukan pengembangan inovasi dalam upaya meningkatkan kepuasan peserta. Salah satu inovasi yang sedang dijalankan yaitu aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP) yang akan diimplentasikan di seluruh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Cabang Gorontalo.

Sebelum aplikasi ini diimplementasikan di seluruh FKTP, BPJS Kesehatan melakukan sosialisasi secara online terlebih dahulu perihal manfaat, kegunaan dan tata cara penggunaan dari aplikasi tersebut kepada seluruh PIC FKTP, pada Kamis lalu (15/7). Claudia Maya selaku Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Gorontalo menjelaskan tujuan dari adanya aplikasi SIPP ini adalah sebagai sarana kemudahan pemberian informasi dan pengaduan peserta di FKTP.

Selain memberikan kemudahan diharapkan aplikasi ini dapat meningkatkan sistem penanganan pengaduan, akan tertangani dengan cara berjenjang dan sesuai dengan standar waktu yang ditetapkan. “Tujuan aplikasi SIPP di FKTP ini untuk sarana informasi bagi peserta disana, selain itu juga sebagai sarana pelaporan yang teknis nya akan dibuat secara berjenjang dengan menggunakan standar waktu,” kata Maya.

Maya menambahkan pada aplikasi SIPP ini terdapat menu pendaftaran bayi baru lahir yang berfungsi selain untuk melakukan pendaftaran bayi baru lahir bisa juga digunakan untuk memonitoring tindak lanjut pengajuan pendaftaran bayi baru lahir yang telah di tindaklanjuti oleh petugas BPJS Kesehatan yang ada di Kantor Cabang.

Selain itu terdapat menu pengaduan yang berisikan permintaan informasi dan tiket pengaduan dari peserta yang didalamnya ada keterangan eskalasinya, apakah sudah di  tindaklanjuti atau belum. “Selain itu di menu pengaduan terdapat sub menu tiket, jadi bisa terpantau eskalasi tiket pengaduan tersebut sudah selesai atau belum,” tambah Maya.

Pada kesempatan yang sama, Faisal Idrahayu selaku perwakilan Puskesmas Kota Utara, mengapresiasi adanya aplikasi SIPP di FKTP ini. Menurutnya aplikasi ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada peserta di Puskesmasnya.

“Syukur sudah ada aplikasi SIPP ini, saya optimis pelayanan yang akan tim berikan di Puskesma Kota Utara akan semakin baik tentunya,” ungkap Idrahayu.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA