Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dicky Mulya Ramadhani

Kenapa Mahasiswa Perlu Berorganisasi

Info Terkini | Monday, 26 Jul 2021, 22:08 WIB
Kaum Akademisi

Mahasiswa adalah mereka yang dijuluki sebagai agent of change, agen perubahan. Mahasiswa bukan lagi seorang siswa biasa yang menuntut ilmu di institusi pendidikan (SD, SMP, SMA) tetapi kita adalah mahasiswa sebagai simbol kemenangan yang terpilih memiliki potensi sebagai pemikir, tenaga ahli, sekaligus sebagai penopang pembangunan bangsa.

Mahasiswa sebagai agent of change, agen perubahan tentunya harus dibekali dengan intelektual yang tinggi, kritis serta dibekali nilai agama yang baik agar menjadi penerus bangsa yang dicita-citakan agar kita menjadi mahasiswa yang sesuai dengan harapan bangsa tentunya kita bukan hanya sekadar menjadi mahasiwa yang hanya kuliah pulang-kuliah pulang saja, tetapi kita harus bisa berproses lebih daripada itu, untuk menjadi mahasiwa yang kritis serta produktif dalam menjalankan waktu yang kita punya, salah satunya adalah menjadi manusia organisasi.

Menjadi mahasiswa yang ikut organisasi tentunya akan menjadi kelebihan bagi kita semua selain tujuan kita belajar, di sisi lain kita juga bisa membentuk karakter pribadi kita menjadi lebih baik melalui organisasi, karena ketika kita hidup di sebuah organisasi kita akan belajar bagaimana caranya berpendapat, berbicara dengan baik, memilik kepedulian terhadap masyarakat dan mengelola waktu dengan baik. Dengan mengikuti organisasi kita bisa memiliki waktu yang lebih produktif dan sangat positif bagi kita.

Berorganisasi juga sangat menjunjung karier kita di masa mendatang. Sebab, organisasi akan mengasah softskill yang ada dalam diri kita, dan selain itu juga kita bisa memperbanyak relasi melalui sebuah organisasi, tapi sayang tak banyak mahasiswa yang mau untuk mengembangkan softskill-nya di sebuah organisasi, malah mereka asyik menjadi mahasiswa kupu-kupu, kuliah pulang-kuliah pulang.

Sudah saatnya kita bisa mengubah pribadi kita menjadi lebih baik, cepat atau pun lambat kita adalah calon penerus generasi bangsa, yang di mana kita harus bisa memiliki keilmunan yang baik, pribadi yang baik serta bisa menjadi mahasiswa yang mandiri, kritis dan bisa bermanfaat di masyarakat.

Belum pantas rasanya seseorang disebut mahasiswa jika tidak bisa bermanfaat di masyarakat karena mahasiswa adalah sebagai agen perubahan pada negeri. Didiklah mahasiswa dengan organisasi agar mereka menjadi mahasiswa yang aktif, kritis, peduli, dan bisa menjadi generasi yang hebat.

Oleh: Dicky Mulya Ramadhani

Mahasiswa Administrasi Publik FISIP UMJ

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image