Senin 26 Jul 2021 22:10 WIB

Polresta Bogor Tambah Sentra Vaksinasi Covid-19

RS Bhayangkara dan Gedung DPRD Kota Bogor menjadi sentra vaksinasi Poresta Bogor.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Andi Nur Aminah
Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro
Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Polresta Bogor Kota menambah sentra vaksinasi Covid-19 baru di Gedung DPRD Kota Bogor. Saat ini, ada dua sentra vaksinasi yang dikelola Polresta Bogor Kota, yakni Rumah Sakit Bhayangkara dan Gedung DPRD Kota Bogor.

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan, penambahan sentra vaksinasi ini dilakukan demi mempercepat proses vaksinasi ke masyarakat. “Ke depan kita akan berusaha lagi mengejar jumlah yang dapat divaksinasi,” kata Susatyo ketika meninjau vaksinasi Covid-19 di DPRD Kota Bogor, Senin (26/7).

Baca Juga

Susatyo mengatakan, kemampuan penyuntikan vaksin di sentra vaksinasi sebanyak 400 orang per hari. Dengan adanya penambahan sentra vaksinasi baru tersebut, ditargetkan ada 1.000 orang bisa divaksinasi setiap harinya.

Dengan demikian, proses vaksinasi terhadap masyarakat umum bisa dipercepat. “Karena tempatnya memungkinkan melaksanakan vaksin secara masif di DPRD,” katanya.

Lebih lanjut, Susatyo menuturkan, pemberian vaksin di DPRD Kota Bogor akan terus dilakukan dengan menyasar masyarakat umum, hingga pengemudi ojek online (ojol). Sebab, mereka berpotensi tinggi terpapar Covid-19.

“Vaksinasi akan terus menerus dilakukan, sampai nanti warga Kota Bogor semua divaksin. Ada sentra (vaksinasi) Dinas Kesehatan, Korem 061, dan Kodim 0606. Kami bersinergi untuk menuntaskan vaksinsi di Kota Bogor,” kata dia.

Selain menambah sentra vaksinasi baru, sambung Susatyo, pihaknya terus melaksanakan vaksinasi Covid-19 dengan skema targeted. Dengan tujuan menjangkau masyarakat yang tinggal di zona merah.  

Susatyo menambahkan, sejauh ini pelaksanaan vaksin tergeted dinilai efektif, dengan menekan penyebaran kasus Covid-19. Sehingga dengan begitu, kata dia, tingkat kesembuhan pasien tetap dimonitor, dan masyarakat yang sehat memiliki daya tahan yang cukup agar tidak terpapar.

Tak hanya itu, Polresta Bogor juga bakal membuat sentra vaksinasi di kecamatan untuk mempermudah pelayanan. “Kalau semua sudah berdiri akan dimungkinkan nanti untuk gedung DPRD melayani Kecamatan Tanah Sareal,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Kota Bogor Boris Derurasman mengatakan, pelaksanaan vaksinasi DPRD Kota Bogor untuk mempercepat proses vaksinasi. “Polresta yang punya program, kita yang yang menyediakan tempat,” ucapnya.

Diharapkan seluruh warga Kota Bogor dapat mendapatkan akses vaksin agar tak mudah terpapar Covid-19. “Vaksin ini dalam rangka memberikan imun kepada masyarakat. Kita tujuan nya untuk memberikan fasilitas kepada masyarakat,” ujarnya.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement