Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

8 Film 'Spider-Man' Dirilis, Mana yang Paling Laris?

Senin 26 Jul 2021 19:57 WIB

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Nora Azizah

'Spider-Man' merupakan salah satu film superhero yang laris sepanjang masa.

'Spider-Man' merupakan salah satu film superhero yang laris sepanjang masa.

Foto: Aceshowbiz
'Spider-Man' merupakan salah satu film superhero yang laris sepanjang masa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak digarap oleh Sam Raimi, Spiderman yang awal rilis pada 2002 silam sukses besar di pasaran. Film ini, juga berhasil melahirkan dua sekuel yang disutradarai oleh Raimi.

Meski sebenarnya trilogi Spiderman sudah berakhir pada 2007 lalu, trilogi lainnya juga kian bermunculan. Sebut saja, franchise The Amazing Spider-Man yang dibintangi oleh Andrew Garfield, franchise Marvel Cinematic Universe Spider-Man yang dibintangi oleh Tom Holland, dan franchise animasi Into the Spider-Verse yang dibintangi oleh Shameik Moore.

Secara total, delapan film Spider-Man telah dirilis pada abad ke-21 ini, selain dua lagi yang akan segera hadir. Spider-Man: No Way Home, dan Sekuel Spider-Man: Into the Spider-Verse yang saat ini belum diberi judul. Dikutip The Things, Senin (26/7), berikut adalah kesuksesan dan jumlah keuntungan Spiderman


8. 'Spider-Man: Into The Spider-Verse' (USD375,5 Juta)
Spider-Man: Into the Spider-Verse adalah satu-satunya film animasi dalam daftar ini, dan menghasilkan jauh lebih sedikit daripada live-action-nya. Namun, animasi ini juga bermodal paling rendah, hanya USD 90 juta dolar. Film ini meraup USD 375,5 juta di box office, berarti lebih dari empat kali anggarannya.


7. 'The Amazing Spider-Man 2' (USD 709 Juta)
The Amazing Spider-Man 2 meraup untung USD 709 juta di box office, yang menjadikannya salah satu film paling sukses secara finansial di tahun 2014. Namun demikian, film ini dianggap sedikit mengecewakan oleh standar Spider-Man – pada saat awal rilis, film ini adalah yang terendah dari semua film Spider-Man.


6. ‘The Amazing Spider-Man' (USD758 Juta)
The Amazing Spider-Man adalah reboot dari franchise Spider-Man yang dimulai sepuluh tahun sebelumnya dengan trilogi Sam Raimi. Banyak penggemar mempertanyakan perlunya reboot begitu cepat setelah trilogi aslinya berakhir (The Amazing Spider-Man dirilis hanya lima tahun setelah Spider-Man 3), dan oleh karena itu, film ini tidak sesukses salah satu dari ketiganya. Film Spider-Man yang datang sebelumnya. Meski begitu, itu masih dianggap sebagai kesuksesan finansial.


5. 'Spider-Man 2' (USD 789 Juta)
Spider-Man 2 sering dianggap sebagai film terbaik dari trilogi asli sutradara Sam Raimi, tetapi sebenarnya film tersebut menghasilkan uang paling sedikit di box office. Namun demikian, box-office bruto USD 789 juta menjadikan film ini sebagai film superhero terlaris kedua yang pernah ada (pada saat itu). Film ini juga menarik keuntungan yang sangat besar di pembukaan, di mana ia meraup USD 40,4 juta, yang merupakan rekor pada saat itu.


4. ‘Spider-Man’ ($825 juta)
Spider-Man (2002) adalah film Spider-Man yang memulai semuanya. Film Spider-Man asli Sam Raimi ini, meraup USD 825 juta di box office, yang menjadikannya film superhero terlaris yang pernah diproduksi pada saat itu. Seri ini memegang rekor tersebut hingga 2007, ketika Spider-Man 3 menghasilkan keuntungan yang lebih banyak lagi.


3. ‘Spider-Man: Homecoming' (USD 880,2 Juta)
Spider-Man: Homecoming adalah film Spider-Man pertama yang dibintangi Tom Holland dalam peran tituler, meskipun Holland membuat debut MCU resminya setahun sebelumnya di Captain America: Civil War. Spider-Man: Homecoming menghasilkan USD 880,2 juta di box-office, hanya dengan anggaran USD 175 juta, yang berarti menghasilkan lebih dari lima kali lipat anggarannya.


2. ‘Spider-Man 3' (USD894,9 Juta)
Spider-Man 3 menghasilkan USD894,9 juta di box office, yang memecahkan rekor Spider-Man asli untuk film superhero terlaris. Sayangnya, rekor itu hanya untuk waktu yang singkat, satu tahun kemudian, The Dark Knight menjadi film superhero pertama yang pernah meraup lebih dari USD 1 miliar.


1. ‘Spider-Man: Far From Home’ ($1.132 Miliar)
Spider-Man: Far From Home menjadi film Spider-Man pertama yang meraup lebih dari USD 1 miliar, karena menghasilkan USD 1,132 miliar di box office pada 2019. Padahal, anggaran film ini hanya USD 160 juta, yang berarti menghasilkan lebih dari tujuh kali lipat. Spider-Man: Far From Home saat ini adalah film superhero kesepuluh yang paling sukses secara finansial sepanjang masa, dan masuk daftar delapan film paling sukses di MCU.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA