Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nafa Maulida Syaharani

Indeks Literasi Ekonomi Syariah Rendah: Tim PKM-K UISI Membuat Inovasi Permainan Edukasi GAMPINOS

Eduaksi | Monday, 26 Jul 2021, 15:09 WIB

Peluang perkembangan ekonomi syariah di Indonesia kedepan memiliki potensi dan pengaruh sangat besar, namun hal tersebut tidak terlepas dari hambatan dan tantangan yang dihadapi. Tidak dapat dipungkiri bahwa indeks literasi ekonomi syariah di Indonesia masih minim. Dari perolehan data Bank Indonesia pada tahun 2019 menyebutkan bahwa indeks literasi ekonomi syariah hanya berkisar 16,3%. Maka dari itu untuk menjawab hambatan sekaligus menjadi tantangan di Indonesia perlunya pengembangan inovasi untuk membangun dan meningkatkan literasi ekonomi syariah di masyarakat terutama di kalangan milenial, karena kedepannya kontribusi para milenial yang akan bergerak dan menjadi generasi penerus bangsa.

Berangkat dari permasalahan tersebut, kelima mahasiswa ekonomi syariah Universitas Internasional Semen Indonesia yakni Arini Suciati Maulidah, Akhmad Nur Fahrozi, Nafa Maulida Syaharani, Kintan Nur Rohmatin dan Selly Nurwahidah Saputri menginisiasi suatu inovasi permainan edukasi bernama GAMPINOS (Game Edukasi Pembelajaran Ilmu Ekonomi Syariah) yang diajukan dalam kegiatan PKM (Pekan Kreativitas Mahasiswa) bidang Kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dengan judul proposal “Inovasi Pengembangan Literasi Dakwah Eonomi Syariah Melalui GAMPINOS (Game Edukasi Pembelajaran Ilmu Ekonomi Syariah).

Permainan GAMPINOS ini didesain dalam bentuk papan permainan (gameboard) berbasis offline dan online. Dalam permainan tersebut terdapat edukasi mengenai instrumen-instrumen dan nilai-nilai ekonomi syariah. Harapannya dari edukasi ekonomi syariah dalam permainan tersebut, dapat meningkatkan pengetahuan dan diimplementasikan di kehidupan sehari-hari oleh masyarakat terutama para milenial.

“Ini adalah langkah awal kami untuk mengenalkan ekonomi syariah melalui media permainan edukasi berbasis gameboard, semoga GAMPINOS kedepannya dapat memberikan edukasi melalui media permainan lainnya yang dikemas melalui card edition.” ujar Arini selaku ketua dari TIM PKM-K GAMPINOS

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image