BPBD Jabar Gelar Vaksinasi di Garut

Rep: Bayu Adji P/ Red: Esthi Maharani

Pelaksanaan vaksinasi di Gedung Pendopo Garut, Ahad (25/
Pelaksanaan vaksinasi di Gedung Pendopo Garut, Ahad (25/ | Foto: Diskominfo Garut.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat (Jabar) melaksanakan vaksinasi massal di Kabupaten Garut. Kegiatan yang melibatkan BPBD Kabupaten Garut dan dinas kesehatan setempat itu digelar sejak Ahad (25/7) hingga dua bulan ke depan di Gedung Pendopo Garut.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Asep Surachman, menyampaikan dalam kegiatan sentra vaksinasi itu menyasar 28 ribu warga Garut bisa mendapatkan vaksinasi untuk dosis pertama.

"Target peserta pelaksanaan vaksinasi ini adalah seribu orang per hari, artinya dalam 28 hari 28 ribu. Jadi kalau dihitung dosis 56 ribu untuk 28 ribu sasaran," ujar Asep melalui keterangan resmi, Senin (26/7).

Ia menyampaikan sasaran dalam vaksinasi ini adalah warga Garut yang berusia minimal 12 tahun ke atas. Artinya, anak-anak bisa melakukan vaksinasi.

Dalam pelaksanaannya, Asep mengatakan, selain unsur pemerintahan, Sentra Vaksinasi ini melibatkan bebarapa pihak seperti puskesmas, pramuka, TNI, dan juga pihak terkait lainnya.

Asep menyarankan, peserta yang hendak mengikuti vaksinasi untuk mendaftar secara daring. Dengan begitu, kerumunan di lokask vaksinasi dapat diminimalisir.

Meski begitu, lanjut dia, petugas di lapangan tidak akan menolak peserta yang datang langsung ke lokasi vaksinasi. Namun, petugas akan mendahulukan peserta yang daftar secara daring dan menyediakan waktu khusus untuk peserta yang daftar secara langsung.

Asep menambahkan, saat ini capaian vaksiansi di Kabupaten Garut baru mencapai sekitar 9,5 persen untuk dosis pertama dari 1,9 juta penduduk yang wajib vaksin. Angka itu dinilai masih relatif rendah.

Karena itu, untuk meningkatkan capaian vaksinasi, pihaknya juga akan melakukan vaksinasi di lokasi lain, agar tidak tertumpu di Pendopo Garut. "Insya Allah beberapa hari ke depan mungkin saja nanti akan ada dari instansi-instansi lain (baik) instansi dari provinsi, instansi pusat, kementerian-kementerian, dari partai, akan melaksanakan sentra-sentra vaksinasi lainnya, sehingga tidak akan tertumpu di Pendopo saja," kata dia.

Sementar itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut, Satriabudi, mengatakan peserta yang akan melakukan vaksinasi dapat mendaftar terlebih dahulu mendaftarkan diri melalui website www.sentravaksinjabar.id. Pelaksanaan vaksinasi dosis pertama di Gedung Pendopo Garut akan dilakukan pada 25 Juli hingga 24 Agustus. Sementara pemberian dosis kedua dilakukan pada 25 Agustus hingga 21 September.

"Dengan menggunakan Vaksin Sinovac, pelaksanaan Sentra Vaksinasi Ini sasaran pesertanya berusia minimal 12 tahun," tandasnya.

Berdasarkan data yang diterima Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut, sebanyak 1.686 peserta berhasil melakukan vaksinasi dari total 1.715 peserta yang melakukan pendaftaran, telah menjalani vaksinasi di hari pertama kemarin. Artinya, target 1.000 dalam per harinya bisa dipenuhi pada hari pertama.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Sentra Vaksinasi BPBD Jabar Digelar di Stadion Wibawa Mukti

Arab Saudi akan Kirim 1 Juta Vaksin Covid-19 untuk Malaysia

Perusahaan Umroh Bersiap Menerima Jamaah Asing

Arab Saudi Suntikkan 1 Juta Dosis Vaksin kepada Remaja

Taspen dan UGM Fasilitasi 1.000 Vaksinasi Massal

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image