Ahad 25 Jul 2021 16:48 WIB

Qurban Care Bagikan Daging dan Uang di Tengah Pandemi

Qurban Care membagikan paket daging qurban plus uang ke sejumlah wilayah

Qurban Care membagikan paket daging qurban plus uang ke sejumlah wilayah. Ilustrasi daging qurban
Foto: Republika/ Raisan Al Farisi
Qurban Care membagikan paket daging qurban plus uang ke sejumlah wilayah. Ilustrasi daging qurban

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — AQL Qurban Care membuat terobosan baru pada Idul Adha 1442 H kali ini. Selain membagikan daging qurban, lembaga qurban yang berada di bawah naungan AQL Islamic Center ini juga menyertakan paket sembako sekaligus sejumlah lembaran rupiah kepada masyarakat terdampak Covid-19. 

Pembina AQL Qurban Care, Ustadz Bachtiar Nasir, mengatakan pandemi Covid-19 yang mewabah di Tanah Air berpengaruh pada perekonomian masyarakat, khususnya yang tinggal di kawasan padat penduduk. Kondisi tersebut menjadi motivasi kuat AQL Qurban Care tak hanya membagikan daging qurban saja, namun lengkap dengan beras dan sejumlah uang untuk membeli rempah. 

Baca Juga

"Kami berharap uang tersebut bisa dibelikan bumbu, karena ada daging dan beras, karena jika mereka tidak punya uang untuk beli bumbu kan tidak bisa dimakan," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Ahad (25/7).

Program tersebut terlaksana berkat kerjasama dengan Laznas AQL dan AQL Peduli, yang juga sama-sama berada di bawah naungan AQL Islamic Center. Dalam hal ini, Laznas AQL menyediakan paket sembako. Sedangkan AQL Peduli mengondisikan protokol kesehatan hingga penyaluran ke warga. 

Pria yang akrab disapa UBN itu menyatakan,  Idul Adha merupakan momentum berbahagia seluruh masyarakat, terkhusus umat Islam. Menurut dia, daging qurban sebagai kewajiban, sedangkan paket sembako menjadi bumbu-bumbu tawa saat menikmati hidangan daging qurban.

UBN mengatakan, program itu tak hanya di daerah Jabodetabek saja, namun AQL Qurban Care juga melakulan hal serupa ke daerah-daerah terpencil di Tanah Air. Sejak hari pertama Idul Adha, relawan Qurban Care telah berpencar menyalurkan paket qurban.

Semangat berbagi kebahagiaan itu membuat UBN terjun langsung ke lapangan membagikan paket qurban kepada warga. Pada hari terakhir Tasyriq, Jumat (23/7) lalu UBN sempat memandu langsung pembagian paket di daerah Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Lalu dia juga memandu tim relawan qurban ke daerah Luar Batang, Jakarta Utara. 

"Warga-warga Jakarta Utara berada pinggiran laut, dan boleh dikatakan juga berada dibawah garis kemiskinan, padat penduduk dan memang harus kita bantu," ucapnya. 

Sementara, penyaluran paket qurban ke daerah dilakukan perwakilan AQL yang sudah ada di setiap daerah. Mereka telah memetakan wilayah paling terdampak Covid-19 dan daerah pascabencana, lalu dijadikan titik utama. 

Tak hanya itu, AQL Qurban Care juga telah menjangkau luar negeri. Mereka menyalurkan hewan qurban ke daerah Afrika, terkhusus negara yang dirundung kelaparan dan konflik. Selain itu, terdapat pula penyaluran hewan qurban ke Palestina dan Al Quds. 

AQL Qurban Care telah mempersiapkan program tersebut jauh-jauh hari. Bahkan, daerah titik utama penyaluran telah dipetakan sejak tahun lalu. Tahun ini, perwakilan Qurban Care tinggal memperluas jangkauan mengingat banyak masyarakat mengalami kemerosotan ekonomi. 

"Tadi kita tempatkan daging qurban ini secara tepat guna dan tepat saasaran agar mereka yang disana membutuhkan daging hewan qurban dari kita semua," kata UBN.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement