Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Presiden Apresiasi Rumah Oksigen yang Diinisasi Swasta

Ahad 25 Jul 2021 11:33 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Mas Alamil Huda

Rumah Oksigen Gotong Royong.

Rumah Oksigen Gotong Royong.

Foto: BPMI Setpres 2021
Fasilitas tersebut didirikan berdekatan dengan pabrik oksigen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi inisiatif pihak swasta untuk membangun Rumah Oksigen Gotong Royong. Hal ini disampaikannya saat meninjau langsung fasilitas yang dibangun atas kerja sama perusahaan rintisan GoTo, Kamar Dagang dan Industri (Kadin), PT Aneka Gas Industri (Samator Group), dan sejumlah perusahaan lain. 

Rumah Oksigen Gotong Royong merupakan fasilitas kesehatan semipermanen yang khusus dilengkapi dengan peralatan suplai oksigen dan tempat tidur perawatan bagi pasien Covid-19 dengan gejala sedang. Fasilitas tersebut didirikan berdekatan dengan pabrik oksigen milik PT Aneka Gas Industri dan direncanakan memiliki 500 tempat tidur perawatan.

"Sore hari ini saya melihat secara langsung Rumah Oksigen Gotong Royong yang dalam proses ini belum selesai. Nanti akan selesai pekan depan dan akan rampung 100 persen nanti mungkin di awal Agustus yang bisa menampung kurang lebih 500 pasien," ujar Presiden Jokowi di lokasi, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Sabtu (24/7).

Presiden menyampaikan, upaya yang dilakukan pihak swasta ini diyakini mampu meringankan beban rumah sakit. Apalagi saat ini rata-rata tingkat keterisian rumah sakit di Pulau Jawa-Bali masih di atas 70 persen. Presiden berharap inisiatif serupa bisa dilakukan tidak hanya di Jakarta, melainkan juga di daerah lain. 

"Adanya penambahan kapasitas ini menjadikan BOR rumah sakit bisa sedikit tidak tertekan. Sekali lagi saya sangat menghargai dan kita berharap ini tidak dibangun, dikerjakan di Jakarta saja, tetapi bisa di-copy di tempat-tempat lain, di provinsi-provinsi lain," katanya.

Dalam peninjauan kemarin, Presiden didampingi Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid dan CEO GoTo Andre Soelistyo.

Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid menyambut baik inisiatif pembangunan rumah oksigen pertama yang merupakan upaya gotong royong dari kalangan pengusaha. Ia berharap, inisiatif serupa bisa diwujudkan juga di kota-kota lain, terutama yang membutuhkan tambahan fasilitas kesehatan untuk penanganan Covid-19.

"Harapannya ini adalah yang pertama namun akan ada rumah oksigen lainnya. Selain di sini nanti di Jawa Timur, di Jawa Tengah, dan lain-lain. Kita mengharapkan semua pengusaha untuk bisa bersama-sama, bekerja sama, bergotong royong untuk kita memenangkan perang melawan pandemi," ujar Arsjad.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA