Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Selama Sebulan, Produk Indonesia 'Mejeng' di Kota Paris

Ahad 25 Jul 2021 10:23 WIB

Red: Yeyen Rostiyani

Dubes RI untuk Prancis, Arrmanatha Nasir, (tengah) saat pembukaan Merci Beyond Bali di Paris, Prancis, Jumat (22/7).

Dubes RI untuk Prancis, Arrmanatha Nasir, (tengah) saat pembukaan Merci Beyond Bali di Paris, Prancis, Jumat (22/7).

Foto: Dokumentasi KBRI Paris
Toko Merci merancang kaos khusus untuk dijual eksklusif pada 17 Agustus.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Selama satu bulan penuh, produk kreatif Indonesia akan mengisi saung-saung dan rak toko Merci yang berada di pusat Kota Paris, Prancis. Produk Indonesia itu bisa dilihat mulai 21 Juli hingga 22 Agustus.

“Indonesia tidak hanya kaya akan keanekaragaman hayati namun juga dipenuhi dengan bakat dan talenta yang modern dan inovatif dalam berkreasi,” kata Duta Besar (Dubes) RI untuk Prancis, Arrmanatha Nasir pada acara pembukaan Merci Beyond Bali, dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Sabtu (24/7).

Merci Beyond Bali tidak saja bertujuan untuk mempromosikan produk-produk kreatif Indonesia, namun juga membawa pengalaman mengunjungi Indonesia ke Paris. Hadirnya produk produk Indonesia di Merci menunjukkan, meskipun di tengah pandemi COVID-19, masyarakat Indonesia yang tangguh terus berkarya, untuk tumbuh dan pulih dari dampak pandemi.

Sebelum adanya pandemi Covid-19, jumlah wisatawan Prancis ke Indonesia mencapai sekitar 285 ribu orang. Maka promosi produk kreatif Indonesia “Merci Beyond Bali” diharapkan bisa mengobati rasa kangen masyarakat Paris akan wisata ke Indonesia.

“Merci Beyond Bali hadir mengobati rindu masyarakat Prancis yang tidak dapat berlibur menikmati keindahan budaya Indonesia dan hijaunya pemandangan di Zamrud Khatulistiwa, akibat pandemi COVID-19,” ujar Dubes RI, yang kerap dipanggil Tata.

Semula, promosi Merci Beyond Bali akan dilakukan 2020. Namun, ajang itu diselenggarakan tahun ini sekaligus untuk  menyambut bulan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76.

Kali ini, lobi utama toko Merci di tranformasi secara istimewa dalam dekor saung-saung di tengah pepohonan hijau dan sawah yang berundak-undak seperti di Bali. Masing-masing saung menampilkan berbagai kekayaan kreativitas Indonesia yang disuguhkan oleh sekitar 28 brand dari Indonesia.

Produk yang mejeng di toko Merci adalah produk fashion, busana, aksesoris dan pernak pernik, tas dan dompet, sampai dengan perabotan dan peralatan makan, semua bertuliskan “Made in Indonesia”. Produk-produk ini merupakan hasil kurasi toko Merci sendiri dan didatangkan dan dibeli Merci langsung dari Indonesia. Sejumlah barang pun sudah laku terjual di hari pertama promosi.

“CEO Merci menyampaikan kepada saya bahwa akan melakukan re-order untuk beberapa produk karena sudah sold out,” tutur Tata.

Toko Merci adalah sebuah concept store yang didirikan sejak Maret 2009 di tengah Kota Paris, yaitu di daerah Haut-Marais. Toko Merci menjadi tempat penjualan berbagai produk desain, fashion, dan peralatan rumah tangga berkualitas premium.

Setiap tahun, toko Merci dikunjungi sekitar 1,5 juta pengunjung. Di media sosial Instagram, @merciparis memiliki lebih dari 406 ribu followers, dan postingan toko Merci selalu banyak mendapatkan ribuan likes.

 

Kaos ekslusif Merci

Untuk mempringati 76 tahun kemerdekaan Indonesia, toko Merci akan merancang suatu kaos khusus untuk dijual secara eksklusif dan terbatas pada 17 Agustus 2021. “Walaupun rancangan kaos masih di rahasiakan, CEO Merci memberi bocoran rancangan yang dibuat diharapkan  dapat memberi semangat untuk Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh,” kata Tata.

Acara pembukaan Merci Beyond Bali yang dihadiri mitra KBRI Paris dari kalangan pengusaha, desainer, budayawan, media Prancis dan Indonesia serta kalangan Pemerintah dan Parlemen Prancis. Acara dimeriahkan dengan penampilan Tari Bali dan Tari Burung Enggang Kalimantan, serta dilengkapi sajian kuliner khas Indonesia, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Sebelum memasuki toko, para tamu harus menunjukkan bukti vaksinasi lengkap (Health Pass) sesuai dengan kebijakan Pemerintah Prancis.

Rangkaian acara peringatan 76 tahun kemerdekaan Republik Indonesia akan berlanjut di toko Merci dengan Business Gathering pada 28 Juli, mengundang kehadiran komunitas bisnis Prancis. Acara ini juga akan menjadi kesempatan untuk mempromosikan komoditas kopi dan teh Indonesia.

Selanjutnya, pada 29 Juli, promosi kreativitas Indonesia dilaksanakan dalam demonstrasi pembuatan batik dimana peserta dapat mempraktekan sendiri secara langsung proses pembuatan batik. Kunjungan virtual masyarakat Prancis ke Indonesia juga diwujudkan dalam pameran foto-foto situs warisan budaya dunia yang berada di Indonesia.

Dengan stimulasi virtual ini, masyarakat Prancis pengunjung pameran diharapkan terpicu rasa ingin tahunya lebih lanjut mengenai Indonesia, dan ketika waktunya tiba, untuk datang mengunjungi dan menikmati keindahan Indonesia secara langsung.

Kolaborasi dengan toko, designer, restoran, atau fashion house yang mengerti pasar dan consumer base di Prancis menjadi strategi utama KBRI Prancis dalam mempromosikan produk kreatif Indonesia. Dalam satu tahun terakhir KBRI Paris telah berkolaborasi antara lain dengan Merci, Christian Dior, My Little Warung, dan Ithemba untuk mempromosikan berbagai produk Indonesia. Mekanisme kerja sama memberikan keleluasaan bagi mitra di Prancis untuk melakukan kurasi dan secara langsung membeli dan mengurus semua proses impor dari Indonesia.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA