Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Lelang Gim Makin Booming, Super Mario 64 Masih Termahal

Ahad 25 Jul 2021 10:54 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Super Mario 64

Super Mario 64

Foto: wikipedia
Super Mario 64 terjual Rp 22 miliar dalam lelang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Awal bulan ini, salinan Super Mario 64 segel dijual seharga 1.560.000 dolar Amerika Serikat (AS) atau Rp 22 miliar dalam lelang. Harga ini mengejutkan karena hampir dua kali lipat rekor yang dibuat dua hari sebelumnya oleh salinan The Legend of Zelda yang juga masih segel.

Lelang itu bisa menandai awal dari penjualan gim video yang lebih besar. Tampaknya sangat mungkin petualangan 3D pertama Mario tidak akan menjadi gim terakhir yang menghasilkan jutaan dolar.

Baca Juga

“Saya pikir kita akan melihat lebih banyak gim jutaan dolar, mungkin lebih cepat daripada nanti,” Chris Kohler, direktur editorial di Digital Eclipse, pengembang yang bekerja pada rilis ulang gim video klasik, mengatakan kepada The Verge.

Mengumpulkan dan menjual barang-baik fisik maupun virtual dengan harga mahal telah menjadi tren populer. Kartu Pokemon sangat populer.

Beberapa NFT, suatu bentuk koleksi digital, telah terjual jutaan dolar. Dan orang-orang telah mengeluarkan sejumlah besar uang ke dalam aset seperti cryptocurrency dan saham GameStop.

Gim video terus menjadi sangat populer. Lebih dari separuh orang Amerika beralih ke gim video selama pandemi. Gim retro telah memiliki sejarah baru-baru ini menjadi barang kolektor.

Lebih dari setahun yang lalu, salinan Mario Bros, yang disegel mengklaim rekor sebagai gim video paling mahal yang pernah ada. Gim tersebut dijual seharga 114.000 dolar AS, angka yang sangat besar pada saat itu. Namun, kenyataannya, nilai tersebut tetapi kurang dari sepersepuluh dari pelelangan Super Mario 64.

Kohler mengharapkan bahwa gim berikutnya untuk memecahkan ambang jutaan dolar bisa menjadi cetakan awal The Legend of Zelda, seperti yang dijual bulan ini, atau Super Mario Bros lainnya.

Danielle Smith, pemilik Nerdy Girl Comics, setuju. “Saya pikir pasar telah berbicara untuk dirinya sendiri dan bahwa Mario adalah raja dan Zelda adalah ratu gim video,” katanya.

Smith juga mengatakan bahwa Sonic the Hedgehog untuk Sega Genesis berpotensi menjadi judul yang berharga. Itu bukan hanya karena cache kulturnya sekarang.

“Sonic the Hedgehog yang disegel sangat sulit didapat,” katanya, dilansir dari The Verge, Ahad (25/7).

Bukan hanya Sonic. Orang-orang yang datang untuk mengumpulkan gim-gim teratas mungkin menemukan pasokan jauh lebih rendah daripada di pasar koleksi lainnya. “Saya pikir kita akan terus melihat rekor penjualan (dalam gim)” kata  Presiden dan pendiri Wata Games, perusahaan yang mengevaluasi kualitas The Legend of Zelda dan Super Mario 64 sebelum mereka terdaftar untuk lelang, Deniz Kahn.

“Pada akhirnya, tidak ada cukup pasokan gim video kelas atas, bermutu tinggi, disegel dan vintage ini untuk memenuhi permintaan,” ujarnya.

Ini sedikit berbeda dari kategori koleksi lainnya. Beberapa tahun terakhir ini sudah banyak orang yang mulai mengoleksi daerah lain, seperti komik atau kartu dan pasarnya sudah sangat matang.

Hal lain yang mungkin menaikkan harga adalah gim tersebut dijual di pelelangan umum, yang berarti bahwa setiap orang dapat melihat harga dari penjualan yang akhirnya terjadi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA