Ahad 25 Jul 2021 06:55 WIB

Pertamakali Dirilis, Ini Kekayaan Properti Punya Vatikan

Vatikan memiliki lebih dari 5000 aset di seluruh dunia.

Pemandangan Lapangan Santo Petrus. (foto ilustrasi)
Foto: EPA-EFE/ANGELO CARCONI
Pemandangan Lapangan Santo Petrus. (foto ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA - Vatikan untuk pertama kali merilis informasi tentang properti yang dimilikinya, pada Sabtu (24/7). Disebutkan kepemilikan Vatikan lebih dari 5.000 aset di seluruh dunia.

Informasi itu tercantum dalam dua dokumen, laporan keuangan konsolidasi 2020 Takhta Suci dan anggaran publik pertama Administrasi Warisan Takha Suci (APSA). APSA, semacam kantor akuntan umum, mengelola properti dan investasi, membayar gaji, dan bertindak sebagai kantor pembelian dan departemen sumberdaya manusia.

Selain dua dokumen itu, yang masing-masing dilengkapi diagram lingkaran, grafik, dan peta, Vatikan juga menerbitkan lebih dari 50 halaman materi finansial.

Anggaran APSA setebal 30 halaman itu menunjukkan bahwa mereka memiliki 4,051 properti di Italia dan 1.120 properti di luar negeri. Ini tidak termasuk kedutaan-kedutaan besar di seluruh dunia.

Hanya sekitar 14 persen properti di Italia disewakan dengan harga pasar, sementara sisanya disewakan dengan harga potongan. Kebanyakan kepada karyawan Gereja Katolik Roma. Sekitar 40 persen properti berupa gedung institusi, seperti sekolah, konvensi, dan rumah sakit.

Dokumentasi menunjukkan bahwa APSA juga memiliki investasi dalam bentuk properti di kawasan kelas atas London, Jenewa, Lausanne dan Paris.

Titik Balik

Salah satu gedung yang terletak di distrik South Kensington, London, mengalami kerugian besar setelah dibeli Sekretariat Negara Vatikan sebagai investasi pada 2014.

Pada Selasa, pengadilan terhadap 10 orang yang terlibat pembelian gedung itu, termasuk seorang kardinal terkemuka, mulai digelar. Mereka didakwa atas kejahatan...

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement