Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Apakah Kucing Termasuk Hewan yang Ada di Surga Kelak?

Ahad 25 Jul 2021 05:51 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Tidak ada riwayat menyebut kucing termasuk hewan yang ada di surga. Ilustrasi kucing tidur

Tidak ada riwayat menyebut kucing termasuk hewan yang ada di surga. Ilustrasi kucing tidur

Foto: Pxhere
Tidak ada riwayat menyebut kucing termasuk hewan yang ada di surga

REPUBLIKA.CO.ID,— Kucing bagi sebagian orang adalah hewan yang cukup menggemaskan. Ini alasan menempatkan kuncing dalam daftar hewan favorit yang dipelihara. 

Dalam Islam, merawat dan memelihara hewan secara umum, termasuk kucing dengan baik akan mendatangkan pahala. Kecintaan terhadap kucing ini pun memunculkan pertanyaan menggelitik, apakah hewan dengan nama ilmiah felis catus ini akan bertemu dengan ‘tuannya’ kelak di surga? 

Baca Juga

Pada dasarnya terkait apakah hewan akan dihidupkan kembali atau tidak kelak, Republika.co.id pernah membahasnya dalam pembahasan berikut yaitu: Apakah Hewan Juga Dibangkitkan dan Dihisab Kelak di Kiamat?  

Namun, terkait topik apakah kucing termasuk hewan yang akan berada di surga kelak? Dalam sejumlah riwayat pendapat tersebut, tidak ditemukan bahwa kucing yang merupakan hewan mamalia karnivora ini masuk dalam daftar hewan-hewan penghuni surga. Lantas apa sajakah hewan yang ada di surga?

Ada tiga pendapat pertama, hewan-hewan tertentu yang pernah bersinggungan dengan para manusia pilihan Allah SWT. Dalam Al-Asybah An-Nadhair ‘Ala Madzhab Abi Hanifah An Nu’man, disebutkan bahwa Muqatil sebagaimana dikutip dalam kitab Syarh Syirát al-Islam, mengatakan terdapat sepuluh hewan yang akan masuk surga.

Kesepuluh hewan yaitu unta Nabi Muhammad SAW, unta Nabi Shalih, anak sapi Nabi Ibrahim, domba Nabi Ismail, sapi betina Nabi Musa, ikan paus Nabi Yunus, keledai Nabi Uzair, semut Nabi Sulaiman, hudhud Balqis, anjingnya para ashabul kahfi. Pernyataan in juga ditemukan dalam kitab Misykat Al-Anwar. Hanya saja, oleh sebagian ulama, pendapat ini dipandang lemah. 

Kedua, hewan yang keberadaannya di surga diisyaratkan Alquran dan hadits sebagai balasan untuk orang-orang beriman. Misalnya burung atau sejenis unggas. Ini seperti disebutkan surat Al Waqiah 21. 

وَلَحْمِ طَيْرٍ مِمَّا يَشْتَهُونَ Dan daging burung dari apa yang mereka inginkan.” 

Atau diisyaratkan dalam surat Ath Thur ayat 22, daging hewan apa saja yang mereka kehendaki. Dalam sebuah hadits riwayat Tsauban disebutkan daging tersebut adalah anak sapi.

 يُنحر لهم ثور الجنة الذي كان يأكل من أطرافها “Disembelihkan untuk mereka sapi surga yang mereka makan dari ujung-ujungnya.” (HR Muslim)

Ketiga, hewan-hewan yang secara spesifik disebutkan Rasulullah SAW dalam sabdanya. Yaitu pertama kambing. Ini sebagaimana diriwayatkan Al Baihaqi dari Abu Hurairah RA berikut ini:

 صلوا في مراح الغنم وامسحوا رغامها فإنها من دواب الجنة Sholatlah di (sebelah) kandangnya, dan bersihkanlah tanahnya, karena kambing adalah hewan surga.” 

Kedua, unta. Ini sebagaimana diriwayatkan antara lain dari Abu Masud yang dinukilkan Imam Muslim berikut ini: 

عن أبي مسعود -رضي الله عنه- قال: جاء رجل إلى النبي -صلى الله عليه وسلم- بناقة مَخْطُومَةٍ، فقال: هذه في سبيل الله، فقال رسول الله -صلى الله عليه وسلم-: «لك بها يوم القيامة سبعمائة ناقة كلها مخطومة  

Dari Abu Masud RA, dia berkata, "Seorang lelaki datang kepada Nabi Muhammad SAW dengan membawa seekor unta yang sudah dikekang. Ia berkata, "Unta ini untuk di jalan Allah." Rasulullah  ersabda, "Dengan unta inilah maka kamu akan mendapatkan tujuh ratus ekor unta yang sudah dikekang pada hari kiamat." 

Riwayat lain mengisyaratkan adanya kuda sebagai salah satu penghuni surga. Hanya saja, tentunya, gambaran pastinya kita tidak bisa membayangkan sebagaimana hewan yang kita lihat sehari-hari selama ada di dunia.        

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA