Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Polri: Video Demo Rusuh pada Sabtu 24 Juli adalah Hoaks

Sabtu 24 Jul 2021 22:21 WIB

Red: Bayu Hermawan

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Argo Yuwono

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Argo Yuwono

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Polri memastikan tidak ada unjuk rasa berakhir rusuh pada hari ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memastikan video dengan narasi demonstrasi serentak yang berlangsung Sabtu, 24 Juli 2021, berujung rusuh, sebagai kabar bohong atau hoaks. Polri mengatakan video yang beredar di media sosial adalah saat unjuk rasa menolak Omnibuslaw Cipta Kerja setahun yang lalu.

"Itu video hoaks," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono di Jakarta.

Baca Juga

Argo menjelaskan, fakta sebenarnya video demonstrasi berakhir rusuh yang beredar di media sosial merupakan peristiwa demonstrasi menolak omnibuslaw Cipta Kerja setahun yang lalu. "Faktanya adalah demonstrasi itu merupakan peristiwa lama saat demo tolak omnibus lawCiptaker di Jakarta pada 8 Oktober 2020," ujar Argo.

Argo mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan informasi palsu yang dibuat oleh oknum tak bertanggung jawab. "Masyarakat jangan mudah termakan hoaks. Saring sebelum sharing," ujar Argo.

Menurut Argo, sampai dengan saat ini, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (sitkamtibmas) berjalan aman, damai dan kondusif. Argo juga memastikan tidak ada demonstrasi yang berjalan pada hari ini, termasuk di Jakarta. "Situasi aman dan kondusif. Tidak ada gangguan yang berarti," ucap Argo.

Selain itu, Polri juga telah menyematkan label hoaks terhadap video yang beredar di media sosial melalui akun Instagram @divisihumaspolri.Video yang beredar di media sosial berisi narasi bahwa demonstrasi tanggal 24 Juli 2021 berjalan secara anarkis.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA