Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

IKA UNS Gotong Royong Peduli Covid-19

Sabtu 24 Jul 2021 16:41 WIB

Rep: Binti Solikah/ Red: A.Syalaby Ichsan

IKA UNS

IKA UNS

Foto: Ist
Gibran apresiasi aksi gotong royong IKA UNS

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO — Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo meluncurkan kegiatan Gotong Royong IKA UNS Peduli Covid-19 secara daring pada Jumat (23/7) malam. Acara dihadiri oleh Rektor UNS Jamal Wiwoho, Ketua Umum IKA UNS Budi Harto, Ketua Dewan Komisoner OJK Wimboh Santoso, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, serta alumni UNS yang telah berkiprah di berbagai sektor.

Ketua Umum IKA UNS, Budi Harto, mengatakan kegiatan Gotong Royong IKA UNS Peduli Covid-19 merupakan bentuk partisipasi keluarga alumni UNS dalam membantu pemerintah menangani Covid-19. Cakupan wilayah pengabdian kegiatan tersebut di Kota Solo dan sekitarnya.

"Kegiatan ini di antaranya menyediakan makanan bagi pasien yang isolasi mandiri di rumah masing-masing, menyediakan ambulans, membantu proses pemakaman. Kemudian menyiapkan oksigen dan tentunya aktivitas ini akan berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan kemampuan kita," terang Budi Harto seperti tertulis dalam siaran pers.

Dukungan juga diberikan oleh Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso. Wimboh mengungkapkan kegiatan Gotong Royong IKA UNS Peduli Covid-19 merupakan bentuk empati keluarga alumni UNS kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. "Bentuk empati tersebut melahirkan sikap gotong royong yang menjadi kekuatan nilai budaya bangsa Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19," ujar alumnus Fakultas Ekonomi UNS tersebut.

Rektor UNS Jamal Wiwoho menyatakan, kegiatan Gotong Royong IKA UNS Peduli Covid-19 juga menjadi bukti nyata kepedulian IKA UNS terhadap isu kemanusiaan. Selain gotong royong, Indonesia juga memiliki kelembagaan masyarakat yang kuat, misalnya program Desa Siaga di Jawa Barat dan Jogo Tonggo di Jawa Tengah. Kedua kekuatan nilai budaya tersebut menjadi potensi besar bagi masyarakat Indonesia untuk bahu membahu menghadapi Covid-19.

"Nilai budaya yang sangat luhur ini tidak hanya sekadar lip service, tetapi IKA UNS turut serta mengimplementasikan," ujar Jamal yang juga alumnus Fakultas Hukum UNS tersebut.

Sikap gotong royong juga dapat diwujudkan dengan ikut membantu warga yang sedang isolasi mandiri sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama.Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengapresiasi IKA UNS atas terselenggaranya kegiatan Gotong Royong IKA UNS Peduli Covid-19.

"Mari kita bergandengan tangan memberikan dukungan dan menunjukkan kepedulian kita serta yakinkan mereka yang sedang isolasi mandiri bahwa kita selalu ada bersama mereka," ucap Gibran.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA