Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Santuso

MOS Angkatan Perdana di STP Khoiru Ummah Jember setingkat SMP

Eduaksi | Saturday, 24 Jul 2021, 11:20 WIB
Sejumlah siswa baru angkatan perdana STP Khoiru Ummah Jember setingkat SMP sedang mengikuti MOS daring via Zoom Meeting

Pada tahun ajaran 2021/2022 ini, PKBM Sekolah Tahfizh Plus Khoiru Ummah Jember membuka pendidikan tingkat menengah pertama. Angkatan perdananya terdiri atas 9 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Sebelum memulai KBM pada pekan terakhir Juli 2021, para siswa terlebih dahulu mengikuti masa orientasi siswa (MOS) selama enam hari (12-19/7/2021).

Kegiatan MOS itu dilakukan secara daring via Zoom Meeting. Selama MOS, para siswa mendapat materi pengenalan seputar matapelajaran dan seluk beluk kehidupan di pesantren. MOS ini bertujuan agar siswa siap mengikuti KBM dan kegiatan di pondok pesantren. â Dengan MOS ini, para siswa tergambar apa saja mapel yang akan dipelajari, tergambar arti penting mempelajari mapel tersebut sehingga muncul dorongan semangat belajar,â tutur Kepada STP Khoiru Ummah Jember, Yuniar Firdaus.

Di samping itu, agar siap mengikuti kegiatan di pondok pesantren, para siswa dibekali materi penting terkait boarding school, seperti serunya belajar di pondok pesantren, tantangan dan solusi kehidupan di pondok pesantren, serta tips menjalin persahabatan di asrama.

Sebelumnya, pihak sekolah telah mengadakan forum bersama para orang tua siswa. Dalam forum itu, kata Yuniar, orang tua dibekali pemahaman seputar proses, output, dan gambaran KBM yang akan dijalani oleh putra-putrinya di pondok. â Harapannya, nantinya orang tua bisa bersinergi dengan pihak sekolah terkait pendidikan anak-anaknya,â jelasnya.

Usai MOS, siswa akan mengikuti KBM mulai Senin (26/7/2021). Untuk sementara, KBM dilakukan secara daring karena menyesuaikan dengan situasi pandemi. â Jika dirasa sudah aman, KBM akan dilakukan secara tatap muka langsung. Sehingga, pada saat itu, para siswa sudah harus tinggal di asrama,â ungkapnya.

Berhubung gedung SMP di kelurahan Bintoro masih dalam proses pembangunan, saat ini asrama siswa laki-laki dan perempuan bertempat di dua kelurahan berbeda. Asrama siswa laki-laki berada di kelurahan Sumbersari sedangkan asrama siswa perempuan berada di kelurahan Kranjingan. â Semoga gedung SMP bisa rampung di tahun 2022 sehingga saat naik ke kelas 8, siswa kami dapat mulai KBM dan beraktivitas di sana,â katanya.

Yuniar menambahkan, berdirinya SMP ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap pendidikan yang melahirkan generasi berkepribadian Islam dan penghafal Alquran. Sebagai kelanjutan dari pendidikan tingkat sekolah dasar, PKBM STP Khoiru Ummah Jember setingkat SMP ini mencetak siswa-siswinya hafal Alquran sampai 9 juz.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image