Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Putri Mahesa

Cara Melacak Hp yang Hilang di Android dan iPhone

Teknologi | Saturday, 24 Jul 2021, 08:50 WIB

Ponsel HP telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Tidak hanya sebagai alat komunikasi, HP sekarang dua kali lipat menjadi alat pembayaran, regenerator, konter, dan lainnya. Apakah Anda pikir jika hari Anda selesai tanpa ponsel? Tentu saja, ada beberapa hal yang membuat Anda diblokir.

Jika tidak ada ponsel karena tertinggal, tentu saja mudah untuk menemukannya, ambil saja. Namun, bagaimana jika Anda tidak tahu di mana ponsel Anda hilang? Tidak ada pilihan selain mencarinya! Lalu, bagaimana Anda melacak HP yang hilang? Ada berbagai cara untuk melacak ponsel yang hilang. Mulai dari yang paling canggih hingga konvensional. Ingin tahu tentang langkah apa? Ayo, lihat tips berikut. Jangan panik dulu, baca lebih lanjut, ya!

Cara Melacak HP yang Hilang di Android

Ponsel Hilang adalah Android? Tenang, pertama. Cobalah bernapas perlahan dan segera ambil laptop Anda. Jika laptop Anda tertinggal, dapat dipinjam oleh teman terdekat. Tidak perlu mengunduh aplikasi ini, cukup buka browser, masuk ke Akun Google Anda, dan masukkan situs perangkat saya.

Setelah sukses dalam memasuki, Anda akan menemukan peta yang berisi lokasi ponsel dan juga beberapa opsi. Opsi-opsi yang dimaksud termasuk HP, mengunci HP, dan menghapus data. Itu bagus, Anda menerapkan tiga pilihan ini secara bertahap. Jika sudah bermain berkali-kali tetapi tidak memenuhi, ada baiknya mengunci ponsel Anda untuk keamanan data.

Setelah melakukan langkah perangkat yang aman, akun Anda akan keluar secara otomatis, tetapi Anda masih dapat melacak lokasi perangkat Anda. Jika masih tidak berfungsi juga dan Anda percaya bahwa hilangnya HP karena pihak lain, seperti pencuri, pencopet, atau lainnya, saatnya untuk menghapus data.

Sayangnya, jika Anda telah melakukan langkah ini, semua data penting pada ponsel akan hilang, termasuk lokasi pelacakan.

Cara Melacak HP yang Hilang di iPhone

Kurang lebih, langkah ini sama dengan cara melacak ponsel Android. Untuk mengakses Find My iPhone, Anda harus masuk terlebih dahulu ke iCloud.

Setelah itu, pilih Menu Temukan iPhone saya. Jika HP Anda menyala dan terhubung dengan Internet, Anda dapat mengaktifkan opsi untuk menerima email tentang lokasi iPhone terbaru secara akurat.

Namun, jika waktu itu ponsel Anda tidak terhubung ke Internet, Anda dapat mengaktifkan opsi untuk menerima email tentang lokasi terbaru setelah HP Anda menyala dan terhubung ke Internet.

Selain itu, Anda juga dapat memilih empat fitur lainnya, yaitu untuk suara dering, mengirim pesan, menghapus semua data pribadi, dan mengunci iPhone dari jarak jauh.

Cara Melacak HP yang Hilang dengan Metode Konvensional

Terlepas dari dua cara untuk menemukan ponsel yang hilang berdasarkan jenis ponsel Anda, ada beberapa cara lain yang dapat Anda coba. Cara-cara ini tidak menggunakan aplikasi atau fitur ini dan itu. Karena metodenya cukup sederhana, langkah-langkah berikut dapat disebut cara konvensional.

Pertama, jika Anda sangat yakin bahwa ponsel itu tidak hilang oleh pihak ketiga, alias terselip ke satu sudut rumah, Anda dapat menghubungi nomor ponsel Anda secara terus menerus. Jika ponsel dalam mode cincin, ini tentu sangat mudah.

Namun, jika Anda berada dalam mode getaran, Anda harus meminimalkan suara di rumah sehingga Anda dapat mewujudkan getarannya. Kemudian, jika ponsel tidak berdering atau bergetar, Anda dapat menggunakan fungsi lampu pada layar.

Matikan semua lampu dan tutup semua sumber cahaya sehingga metode ini dapat berjalan secara optimal. Kedua, jika ponsel hilang karena pencuri, Anda mungkin dapat menggunakan IMEI di ponsel Anda. Biasanya, nomor IMEI dan ponsel terkait dengan database yang dimiliki oleh operator seluler.

Jadi, Anda dapat meminta bantuan dari pihak berwenang dan data dari pihak terkait. Metode ini tentu rumit, tetapi tidak ada salahnya untuk diadili, bukan?

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image