Jumat 23 Jul 2021 21:01 WIB

Komposer Life of Pi akan Dianugerahi Lifetime Achievement

Mychael Danna merupakan salah satu komposer hebat di Hollywood.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Komposer film Life of Pi, Mychael Danna, akan mendapatkan  Career Achievement Award dari Festival Film Zurich (ilustrasi).
Foto: IANS
Komposer film Life of Pi, Mychael Danna, akan mendapatkan Career Achievement Award dari Festival Film Zurich (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Festival Film Zurich akan memberikan penghormatan kepada Mychael Danna dengan Career Achievement Award. Penghargaan tersebut akan diberikan dalam acara kompetisi musik film international Festival Zurich ke-9 yang digelar 30 September mendatang di Tonhalle, Zurich, Swiss.

Karya Danna yang paling terkenal termasuk adaptasi film Life of Pi, di mana dia dianugerahi Oscar untuk Best Original Score pada  2013. Danna juga akan memimpin juri untuk kompetisi musik film international Festival Zurich tahun 2021, menilai karya-karya komposer film muda.

Direktur Artistik Festival Film Zurich, Christian Junge, mengatakan Danna adalah salah satu komponis besar Hollywood. Tanpa komposisi musiknya, sejarah film seperti The Ice Storm, Monsoon Wedding, Little Miss Sunshine, dan Life of Pi tidak akan se-emosional itu.

Film musik memiliki tempat yang sentral di Festival Film Zurich. "Sangat menyenangkan bagi kami dapat memberikan penghormatan kepada Mychael Danna, salah satu komposer hebat Hollywood," kata Artistic Director, Christian Junge, seperti dilansir dari Hollywood Reporter, Jumat (23/7).

Mychael Danna lahir di Kanada pada 1958 dan belajar komposisi musik di Universitas Toronto. Setelah terlibat dalam pementasan kelompok teater kampus, dia kemudian membuat debut musik filmnya pada 1987. Sejak itu, dia telah membuat lebih dari 100 film dan serial musik dan telah menerima banyak penghargaan, termasuk Academy Award, Golden Globe dan Emmy untuk soundtrack film Life of Pi (2012).

Karya terkenal lainnya dari Danna yang selalu produktif termasuk menjadi score film Mira Nair's Monsoon Wedding (2001), Little Miss Sunshine (2006), dan Bennett Miller's Moneyball (2011). Baru-baru ini, musiknya dapat didengar di film animasi Disney/Pixar berjudul Onward dan film thriller Stillwater yang disutradarai Tom McCarthy, yang tayang perdana di Cannes awal bulan ini. Pemenang penghargaan Lifetime Achievement Festival Film Zurich sebelumnya termasuk sutradara Alejandro González Iñárritu dan Aaron Sorkin, komposer Hans Zimmer, serta aktor Harrison Ford, Hans Zimmer, Donald Sutherland, dan Armin Mueller-Stahl.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement