Jumat 23 Jul 2021 15:39 WIB

'Tanamkan Cinta Membaca Sejak Dini'

Budaya membaca harus dimulai sejak dini kepada para generasi muda. 

Dalam menyemarakan Hari Anak Nasional 2021, sekaligus mendorong minat membaca anak-anak, Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Pusat menggelar Ajang Keativitas yang dilakukan secara virtual.
Foto: Istimewa
Dalam menyemarakan Hari Anak Nasional 2021, sekaligus mendorong minat membaca anak-anak, Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Pusat menggelar Ajang Keativitas yang dilakukan secara virtual.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Budaya membaca sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat. Dan hal ini, harus dimulai sejak dini kepada para generasi muda sehingga nantinya mereka dapat memiliki wawasan yang luas.

Dalam menyemarakan Hari Anak Nasional 2021, sekaligus mendorong minat membaca anak-anak, Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Pusat menggelar Ajang Keativitas yang dilakukan secara virtual. Pada acara yang dihadiri oleh Plt. Kasudin Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Pusat, Wahyu Prabowo, Plt. Kasie Perpustakaan Sri Mulyani, dan Kepala Sekolah SDN Kebon Kosong 07, Amin Widiyono diisi dengan berbagai kegiatan dengan menampilan aksi kesenian dari siswa dan siswi SDN Kebon Kosong 07.

"Kegiatan ini merupakan agenda rutin Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Pusat dalam memperingati Hari Anak Nasional. Namun karena dalam situasi Pandemi Covid 19, acaranya kita laksanakan melalui virtual. Sedangkan kalau dalam situasi normalnya biasa kami menyelenggarkan banyak perlombaan, seperti berpidato, bercerita, puisi, lomba tari daerah menggambar dan lainnya," kata Wahyu Prabowo saat membuka acara yang dilakukan virtual, dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Jumat (23/7).

Acara yang dipandu oleh Kak Muti juga mengajak para perserta yang berjumlah 300 penonton melalui channel zoom untuk mengikuti wisata virtual ke perpustakaan Kotamadya Jakarta Pusat yang dipantu oleh Kak Alif sebagai Pustakawan. Yang tidak kalah menariknya adalah penampilan mendongeng dari Kak Sami yang membawakan cerita perjuangan 'Si Pitung' yang dijuluki sebagai 'Pahlawan Betawi'. 

 

photo
Hasyim Sami Alatas, siswa SMPN 77 Jakarta Pusat yang juga pendongeng. - (Istimewa)

 

Ada yang menarik dari Kak Sami ini, siswa SMPN 77 Jakarta Pusat yang memiliki nama lengkap Hasyim Sami Alatas ini sangat menyukai membaca dan mempelajari sejarah. Bahkan, sejak duduk di Taman Kanak-Kanak, Sami suka berkeliling museum di berbagai kota untuk mendapatkan pengetahuan sejarah. Dan untuk menggali ilmunya tersebut, dia juga memiliki lebih dari seratus buku, mulai buku sejarah, biografi pahlawan, buku cerita dan lainnya.

"Dengan membaca kita akan mendapatkan wawasan dan ilmu baru. Karena itu, bagi adik-adik dan teman-teman ayo kita mulai gemar membaca, sebab kita adalah generasi penerus bangsa yang akan melanjutkan tongkat estafet pembangunan negeri," katanya.

Tidak hanya sekedar hobi saja, Sami juga sering meraih sejumlah prestasi dibidang membaca dan sejarah. Sejak duduk dibangku SDN Menteng 02 Jakarta Pusat remaja berusia 14 tahun ini berhasil meraih Juara 1 Lomba Bercerita Tokoh Pejuang Bangsa Tingkat DKI Jakarta Tahun 2017, Juara 1 Pentas Agama Islam Kategori Pidato tingkat Prov DKI Tahun 2017, Juara 1 Festival dan Lomba Literasi Nasional (FL2N) kategori Mendongeng tingkat Prov DKI Tahun 2018, Juara 1 Lomba Bercerita Dispusip tingkat DKI Tahun 2018, Juara Harapan 1 Bercerita Perpustakaan Nasional Tingkat Nasional Tahun 2018 dan terakhir saat duduk dibangku SMP dia berhasil meraih Juara 3 Lomba Pidato Berbahasa dan Bersastra Indonesia Tingkat DKI Jakarta Tahun 2019. 

Dan untuk menyalurkan hobinya sekaligus mengajak generasi muda menyukai sejarah Sami saat ini memiliki media sosial instrgram, tiktok, dan channel youtube bernama 'Kelas Sejarah Bersama Sami'. Disana Sami membahas tentang perjalanan sejarah bangsa Indonesia lengkap dengan profil dan juga kisah-kisah menarik seputar sejarah. 

"Jika kalian ingin menguasai masa depan maka pelajarilah sejarah masa lalu," tutup Sami.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement