Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Kampus dan Sekolah Berbagi Daging Kurban di Saat Pandemi

Rabu 21 Jul 2021 15:59 WIB

Rep: binti sholikah/ Red: Hiru Muhammad

Sejumlah perguruan tinggi dan sekolah di Solo membagikan daging kurban dalam momen Idul Adha 1442 H di tengah pandemi Covid-19. Daging kurban dibagikan kepada masyarakat si sekitar kampus dan sekolah mereka.

Sejumlah perguruan tinggi dan sekolah di Solo membagikan daging kurban dalam momen Idul Adha 1442 H di tengah pandemi Covid-19. Daging kurban dibagikan kepada masyarakat si sekitar kampus dan sekolah mereka.

Foto: humas UNS
Daging kurban dibagikan ke 900 pegawai non-kontrak UNS dan 1.000 paket ke masyarakat

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO--Sejumlah perguruan tinggi dan sekolah di Solo membagikan daging kurban dalam momen Idul Adha 1442 H di tengah pandemi Covid-19. Daging kurban dibagikan kepada masyarakat si sekitar kampus dan sekolah mereka.

Universitas Sebelas Maret (UNS) melaksanakan penyembelihan hewan kurban sebanyak 16 ekor sapi dan 9 ekor kambing di pelataran parkir Masjid Nurul Huda kampus setempat, Rabu (21/7) pagi.

Kegiatan penyembelihan hewan kurban dihadiri oleh Rektor UNS, Jamal Wiwoho, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Ahmad Yunus, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Bandi, Dekan Fakultas Keolahragaan (FKOR), Sapta Kunta, dan jajaran Dharma Wanita Persatuan (DWP).

Jamal mengatakan hewan kurban yang disembelih tahun ini berasal dari rektor, jajaran wakil rektor, Ketua dan Sekretaris Majelis Wali Amanat (MWA) UNS, Ketua dan Sekretaris Dewan Profesor UNS, Fakultas Pertanian (FP) UNS, BRI, BNI, BTN, Bank Mandiri, BPD Jateng, BSI, dan Bank Permata.

"Ini adalah kegiatan kurban bersama pimpinan UNS dalam rangka Idul Adha 1442 Hijriah. Saya ucapkan terima kasih kepada mereka yang berkurban dengan menyisihkan hartanya yang sesuai dengan perintah Surat Al-Kautsar," ujar Jamal.

Dia menyampaikan, daging kurban dibagikan kepada 900 pegawai non-kontrak UNS dan 1.000 paket untuk masyarakat di lingkungan sekitar UNS.

Ahmad Yunus yang juga Ketua Takmir Masjid Nurul Huda UNS menambahkan, daging kurban juga akan diberikan kepada desa binaan yang berada di bawah naungan Fakultas Pertanian UNS.

"Ada perubahan yang tahun-tahun sebelumnya belum pernah memberi karyawan kontrak karena itu warga UNS dan warga di sekitar kampus yang sebagian kecil saja. Kami utamakan kepada masyarakat sekitar kampus baru ke masyarakat lain, seperti desa binaan, Ada dua desa binaan yang ditangani FP," terang Ahmad Yunus.

Perguruan tinggi lainnya di Solo, Universitas Slamet Riyadi (Unisri) juga melaksanakan penyembelihan hewan kurban di halaman parkir kampus setempat, Rabu. Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Unisri melakukan penggalangan dana untuk kurban.

Ketua Pelaksana Qurban yang juga Ketua UPT Perpustakaan Unisri, Suharno, menjelaskan pelaksanaan kurban tahun ini Unisri melaksanakan penyembelihan tiga ekor lembu.

"Hampir sama dengan tahun lalu, hewan kurban berasal dari Universitas, Yayasan dan kolektif civitas akademika Unisri. Daging kurban akan dijadikan 450 bungkus dan dibagikan kepada warga sekitar kampus sebagaimana kurban tahun lalu," jelas Suharno seperti tertulis dalam siaran pers yang diterima Republika.

Acara penyembelihan kurban dihadiri Wakil Rektor Bidang Administrasi Keuangan dan SDM, Bambang Ali Kusuma, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Alumni dan Kerjasama, Sutoyo, dan Sekretaris Yayasan Perguruan Tinggi Slamet Riyadi Surakarta, Didik Hardiyanto, beserta para pengurus PHBI.

Penanganan pencacahan daging kurban dilakukan para pengurus PHBI dibantu pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa Islam (UKMI) Unisri. Daging kurban didistribusikan siang hari selepas sholat Zuhur.

Sementara itu, PAUD IT Nur Hidayah menunaikan amanah hewan kurban dalam kegiatan eNHa Kids Tebar Hewan Qurban. Sebanyak satu ekor sapi dan tiga ekor kambing disalurkan ke Dusun Banjarsari RT 02/RW 05, Desa Sanggang, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo.

Daerah minus ini diketahui tahun lalu tidak mengadakan kurban sama sekali akibat pandemi. Menurut warga setempat, mereka memang biasanya mengandalkan bantuan dari luar agar bisa melaksanakan kurban. Penyembelihan hewan kurban di dusun Banjarsari ini selanjutnya akan disalurkan ke 10 masjid yang ada di daerah tersebut.

Kepala PAUD IT Nur Hidayah Surakarta, Dewi Marsiyah, menyatakan penyaluran hewan kurban dilakukan supaya lebih tepat sasaran. "Penyaluran diprioritaskan kepada masyarakat di daerah minus yang kurang mampu dan minim kesadaran berkurban. Kami berharap keberadaan PAUD IT Nur Hidayah Surakarta bisa memberikan kemanfaatan bagi masyarakat yang lebih luas," kata Dewi.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA