Wednesday, 4 Jumadil Awwal 1443 / 08 December 2021

Wednesday, 4 Jumadil Awwal 1443 / 08 December 2021

Mandi Sauna Kurangi Risiko Hipertensi Hingga 46 Persen

Ahad 18 Jul 2021 15:49 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti

Mandi sauna secara teratur bisa mengurangi risiko hipertensi hingga 46 persen (ilustrasi).

Mandi sauna secara teratur bisa mengurangi risiko hipertensi hingga 46 persen (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com.
Peningkatan suhu tubuh selama sauna menyebabkan pembuluh darah melebar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mandi sauna secara teratur dapat mengurangi risiko hipertensi hingga 46 persen, terutama jika melakukannya empat kali dalam sepekan. Hasil itu diperoleh dari sebuah studi oleh dr Francesco Zaccardi, yang telah diterbitkan di American Journal of Hypertension.

Peningkatan suhu tubuh selama sauna menyebabkan pembuluh darah melebar, yang dapat membantu meningkatkan aliran darah. Selain itu, penggunaan sauna secara teratur dianggap dapat meningkatkan fungsi endotelium (jaringan yang melapisi bagian dalam pembuluh darah).

Ada 1.621 orang yang terlibat dalam analisis penelitian ini. Mereka berusia antara 42 hingga 60 tahun. Data dikumpulkan selama waktu rata-rata 24,7 tahun, dengan tekanan darah dan kebiasaan sauna dicatat.

Sesi sauna dikelompokkan menjadi tiga kelompok yakni satu sesi sauna per pekan, dua hingga tiga sesi sauna per pekan, dan empat hingga tujuh sesi per pekan. Selama masa tindak lanjut, 251 orang mengalami tekanan darah tinggi, didefinisikan sebagai 140/90mmHg. Dibandingkan dengan kelompok yang hanya memiliki satu sesi sauna mingguan, kelompok yang memiliki hingga tiga sesi mingguan memiliki risiko 24 persen lebih rendah terkena tekanan darah tinggi. Sementara itu, kelompok yang melakukan antara empat hingga tujuh sesi sauna setiap minggu mengurangi risiko hipertensi sebesar 46 persen

Hipotesis ini menunjukkan mandi sauna melindungi terhadap penyakit jantung. "Penyakit kardiovaskular adalah salah satu penyebab utama kematian dan kecacatan di Inggris," tulis NHS seperti dilansir di laman Express.co.uk, Ahad (18/7).

Dengan mengambil sesi sauna secara teratur, Anda membantu diri sendiri untuk hidup lebih lama. Mayo Clinic menyatakan, bukti yang muncul menunjukkan bahwa mandi sauna memiliki beberapa manfaat kesehatan. Manfaat sesi sauna mungkin termasuk pengurangan tekanan darah tinggi, strok, penyakit neurokognitif, pengurangan risiko penyakit kardiovaskular, pengurangan flu, kematian, kondisi kulit, dan sakit kepala.

Menghadiri sesi sauna disebut mampu membangkitkan respons fisiologis yang sama seperti berjalan. Penggunaan sauna dikatakan dapat mengurangi stres oksidatif dan peradangan, meningkatkan profil lipid, dan meningkatkan sistem kardiorespirasi.

"Mandi sauna secara teratur dapat meringankan dan mencegah risiko kondisi penyakit akut dan kronis," kata Mayo Clinic.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA