Saturday, 17 Rabiul Awwal 1443 / 23 October 2021

Saturday, 17 Rabiul Awwal 1443 / 23 October 2021

Manfaat Didatangi Tamu, Rezeki Terbuka hingga Malaikat Hadir

Sabtu 17 Jul 2021 23:13 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah

Kedatangan tamu ke rumah seseorang akan mendatangkan manfaat. Ilustrasi tamu

Kedatangan tamu ke rumah seseorang akan mendatangkan manfaat. Ilustrasi tamu

Foto: Republika/Musiron
Kedatangan tamu ke rumah seseorang akan mendatangkan manfaat

REPUBLIKA.CO.ID, — Rasulullah SAW mengajarkan sebuah amal sederhana yang dapat mendatangkan rezeki dan meruntuhkan banyak dosa. Yakni memuliakan tamu. 

Sebagaimana wasiat Rasulullah kepada Ali bin Abi Thalib yang dapat ditemukan dalam kitab Wasiyat Al-Musthafa yang disusun Syekh Abdul Wahab bin Ahmad bin Ali bin Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Musa Asy Syarani Al Anshari Asy Syafi'i Asy Syadzili Al Mishri atau dikenal sebagai Imam Asy Syarani.

Baca Juga

يَا عَلِيُّ، اُطْلُبُ الْخَيْرَ عِنْدَ صَبَاحِ الْوُجُوْهِ وَأَكْرِمِ الضَّيْفَ فَإِنَّهُ إِذَا نَزَلَ بِقَوْمٍ نَزَلَ مَعَهُ رِزْقُهُ وَإِذَا ارْتَحَلَ اِرْتَحَلَ بِذُنُوْبِ أَهْلِ الْمَنْزِلِ فَيُلْقِيْهَا فِي الْبَحْرِ

“Wahai Ali, carilah olehmu kebaikan (bantuan, pertolongan) pada orang yang cerah wajahnya, dan muliakanlah tamu. Sesungguhnya ketika singgah tamu di suatu kaum, maka singgah pula bersama kaum itu rezeki. Dan ketika pergi tamu, maka ia pergi dengan membawa dosa-dosa penghuni rumah yang ditinggalkan, maka membuang Allah pada dosa-dosa itu ke lautan.”  

Bahkan saking rumah yang disinggahi tamu menjadi sebab turunnya malaikat rahmat. Sebaliknya rumah yang tidak pernah dimasuki tamu tidak akan dimasuki malaikat.

يَا عَلِيُّ، لَمْ تَدْخُلُ الْمَلَائِكَةُ بَيْتًا فِيْهِ تُصَاوِيْرُ أَوْ تَمَاثِيْلُ أَوْ عَاقٌّ لِوَالِدَيْهِ أَوْ بَيْتٌ لَا يَدْخُلُهُ ضَيْفٌ “Wahai Ali, tidak akan masuk malaikat rahmat ke rumah yang di dalam rumah itu ada patung-patung atau berhala-berhala, atau ada anak yang durhaka pada orang tuanya, atau rumah itu tidak pernah dimasuki tamu.”  

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA