Friday, 28 Rabiul Akhir 1443 / 03 December 2021

Friday, 28 Rabiul Akhir 1443 / 03 December 2021

Tata Cara Sholat Idul Adha di Rumah

Selasa 20 Jul 2021 05:16 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Muhammad Hafil

Tata Cara Sholat Idul Adha di Rumah. Foto:   Sholat Idul Adha (ilustrasi)

Tata Cara Sholat Idul Adha di Rumah. Foto: Sholat Idul Adha (ilustrasi)

Foto: Republika TV
Tata Cara Sholat Idul Adha 2021 di Rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Meningkatnya kasus Covid-19 di berbagai tempat membuat aktifitas masyarakat, terutama ibadah dilakukan dengan cara tidak biasa. Termasuk pelaksanaan sholat Hari Raya Idul Adha 1442 hijriah yang diimbau dilakukan di rumah pada wilayah dengan kasus infeksi tinggi.

Namun, tidak sedikit Umat Islam yang masih kebingungan terkait tata cara pelaksanaan sholat Idul Adha di rumah. Bagaimana hukum dan cara pelaksanaan Idul Adha di rumah? Berikut penjelasannya menurut Kepala Sub Divisi Dakwah Masjid Raya Jakarta Islamic Centre, Ma’arif Fuadi:

Baca Juga

Waktu pelaksanaan sholat

Menurut Ma’arif Fuadi, sholat Idul Adha dalam pendapat mayoritas ulama hukumnya adalah sunnah. Waktu pelaksanaannya adalah 15 hingga 30 menit setelah matahari terbit.

"Jika matahari terbit pukul 06.00 Maka shalat Idul Adha dapat dilaksanakan pada pukul 06.30. Waktu sholat Idul Adha berakhir ketika sudah masuk waktu Dzhuhur,” jelasnya dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Sabtu (17/7).

Cara pelaksanaan sholat

Maarif mengatakan, sholat ied dilaksanakan dua rokaat, tata caranya hampir sama seperti sholat yang lainnya.

 “Shalat Idul Adha dilaksanakan dua rakaat. Niatnya  cukup dengan Ushalli sunnatan liidil adha rok'ataini (makmuman/imaaman) lillahi ta'ala,  Artinya: Aku berniat salat Idul Adha dua rakaat (sebagai makmum/imam) karena  Allah ta'ala. Niat dilakukan berbarengan dengan takbirotul ihrom," jelasnya.

"Setelah takbiratul ihram ada tambahan takbir  sebanyak tujuh kali takbir pada rakaat pertama sedangkan pada rakaat kedua lima kali takbir setelah takbir, berdiri dari sujud.  Disunnahkan berhenti sebentar setiap di antara dua takbir tambahan tersebut untuk membaca subhanalloh, walhamdulillah, walaa ilaaha illallohu Allahu akbar, atau membaca laa ilaaha illallohu wahdahu laa syarikalah, lahul mulku walahul hamdu biyadihil khoir wahuwa alaa kulli syaiin qodiir,"katanya.

Sholat idul adha bisa dilakukan sendirian

Maarif menjelaskan, pelaksanaan sholat Idul Adha bisa dilakukan berjamaah atau sendirian. Terlebih saat ini masjid di kota-kota zona merah Covid-19 masih tidak dibolehkan menggelar sholat ied.

“Sholat Idul Adha boleh dilaksanakan di rumah baik sendirian atau berjamaah. Setelah sholat Idul Adha diadakan khutbah, jika tidak ada khutbah maka sholatnya tetap sah karena hukum khutbah dalam shalat Id sunnah, dan bagi yang sholat sendirian maka menurut pendapat yang shahih tidak perlu khutbah,"ungkapnya. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA