Jumat 16 Jul 2021 17:16 WIB

Masjid Bersejarah di Idlib akan Dibangun Kembali

Banyaknya retakan dan lubang di dinding menyebabkan keruntuhan sebagian bangunan.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Masjid Bersejarah di Idlib akan Dibangun Kembali. Kementerian Wakaf yang berafiliasi dengan Hayat Tahrir al-Sham, kelompok pembebasan Suriah telah memulai pemulihan Masjid Agung Idlib yang bersejarah.
Foto: Al Monitor/Fadi Al-Halabi
Masjid Bersejarah di Idlib akan Dibangun Kembali. Kementerian Wakaf yang berafiliasi dengan Hayat Tahrir al-Sham, kelompok pembebasan Suriah telah memulai pemulihan Masjid Agung Idlib yang bersejarah.

REPUBLIKA.CO.ID, IDLIB -- Kementerian Wakaf yang berafiliasi dengan Hayat Tahrir al-Sham, kelompok pembebasan Suriah telah memulai pemulihan Masjid Agung Idlib yang bersejarah. Masjid ini rusak oleh serbuan Pemerintah Suriah selama perang.

Banyaknya retakan dan lubang di dinding bahkan telah menyebabkan keruntuhan sebagian bangunan. Dilansir di Al Monitor, Rabu (14/7), pembangunan sedang dilakukan di bawah pengawasan Direktorat Museum Purbakala yang berafiliasi dengan Hayat Tahrir al-Sham dan Pusat Purbakala Idlib.

Baca Juga

Masjid Agung adalah salah satu monumen keagamaan yang lebih menonjol di Suriah. Situs ini berasal dari era Mamluk dari 658 Hijriyah (1259-1260 Masehi) hingga 922 Hijriyah (1516 Masehi) di mana banyak masjid jamaah dibangun. 

Masjid Idlib membentang di atas lahan seluas 1.030 meter persegi dan telah beberapa kali direnovasi, termasuk pada 1591 di bawah Wazir Agung Utsmani Muhammad Pasha al-Koberli. Renovasi lain terjadi pada 1985.

Inisiatif untuk merestorasi masjid dan melestarikan warisan budayanya diluncurkan pada Januari lalu. Hal ini bertujuan memperbaiki kerusakan dan retakan di langit-langit dan dindingnya yang sebagian besar terbuat dari batu dan lumpur. Ada juga kekhawatiran atas keruntuhan yang lebih besar yang mengancam keselamatan jamaah.

Kepala Direktorat Purbakala dan Museum di Idlib Ayman al-Nabo mengatakan masjid ini memiliki nilai sejarah yang tinggi sehingga sangat penting untuk diselamatkan. “Masjid Agung saat ini menyaksikan operasi restorasi terbesar sejak pembangunannya. Restorasi untuk mengembalikan aspek sejarah dan menonjolkan keindahannya yang ternoda oleh masa lalu," katanya.

“Kami berusaha mengembalikan semangat sejarah ke masjid dengan menghapus modifikasi yang menodai bentuknya, memulihkan aspek sejarahnya dan menyoroti keindahan dan warisan batu dan dekorasi untuk menonjolkan kubah dan lengkungan di dalamnya. Payung di halamannya mungkin dilepas agar sinar matahari bisa mengembalikan suasana spiritual di masjid. Kami telah menambahkan beberapa ruangan baru ke masjid dengan membangun dinding untuk memanfaatkan ruang tambahan dan kami sedang dalam studi untuk membangun bangunan baru, koridor, dan aula pemakaman.  

Seorang sumber yang bertanggung jawab atas proyek restorasi di Direktorat Wakaf Kementerian Wakaf di Idlib mengatakan kepada Al-Monitor dengan syarat anonim. “Kami berkoordinasi dengan Direktorat Wakaf untuk mengumpulkan sumbangan dalam bentuk barang dan uang tunai dari orang-orang yang ingin memulihkan masjid. Dan kami sedang mengerjakan proses restorasi menjelang Idul Adha [yang jatuh pada 20 Juli]. Apa yang membuat inisiatif kami istimewa adalah upaya untuk mengembalikan bentuk historis pertama masjid dengan menggunakan bahan seperti tanah liat untuk mengecat dinding," ujarnya.

Dapat dikatakan monumen dan barang antik Idlib telah dikepung selama dekade perang terakhir. Beberapa dari mereka rusak atau hancur selama pertempuran yang meletus antara pemerintah Suriah dan oposisi dan sebagai akibat dari pengeboman kota terus-menerus. 

Sejumlah besar barang antik juga dicuri selama konflik, sementara beberapa situs arkeologi di Idlib diubah menjadi tempat yang aman bagi pengungsi Suriah yang melarikan diri dari pengeboman. Pada 11 Juni, para militan Uzbekistan yang berafiliasi dengan Hayat Tahrir al-Sham menghancurkan beberapa barang antik, termasuk patung-patung di Museum Idlib.

Mereka mengklaim patung itu adalah berhala palsu yang tidak boleh ditampilkan. Perintah Keselamatan telah membuka kembali Museum Idlib di bawah pengawasan sejumlah arkeolog pada Agustus 2018. Museum ini berfungsi sebagai tujuan bagi mahasiswa jurusan sejarah di Universitas Idlib dan mahasiswa dari departemen lain yang suka melihat barang antik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement