Kamis 15 Jul 2021 12:23 WIB

4 Rumah Sakit Jateng-DIY Dapat Bantuan 11 Ton Oksigen

PLN menyalurkan bantuan 11,9 ton oksigen ke empat rumah sakit.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Dwi Murdaningsih
  Penyaluran oksigeñ cair bantuan PLN (Persero) di RSUD Tugurejo, Kota Semarang., Rabu (14/7). PLN menyalurkan bantuan oksigen cair sebanyak 11,9 ton untuk empat rumah sakit rujukan Covid-19 yang ada di Provinsi  Jawa Tengah dan Provinsi DIY.
Foto: Istimewa
Penyaluran oksigeñ cair bantuan PLN (Persero) di RSUD Tugurejo, Kota Semarang., Rabu (14/7). PLN menyalurkan bantuan oksigen cair sebanyak 11,9 ton untuk empat rumah sakit rujukan Covid-19 yang ada di Provinsi  Jawa Tengah dan Provinsi DIY.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Sedikitnya 11,9 ton bantuan oksigen disalurkan PT PLN (Persero) guna mendukung kebutuhan penanganan Covid-19. Bantuan disalurkan di empat rumah sakit rujukan yang ada di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Ke-empat rumah sakit penerima bantuan oksigen tersebut meliputi RSUD Tugurejo, Kota Semarang, RSUD Kalisari di Kabupaten Batang, RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan serta RSUP Dr Sardjito, Kota Yogyakarta.

 

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan DIY, M Irwansyah Putra mengatakan, bantuan oksigen tersebut telah disalurkan melalui PLN UID Jawa Tengah dan DIY pada Rabu (14/7) kemarin.

 

Rinciannya, untuk RSUD Tugurejo sebanyak 1,4 ton, RSUD Kalisari sebanyak 4 ton, RSUD Kraton sebanyak 2 ton serta RSUP Dr Sardjito sebanyak 4,5 ton. "Sehingga total bantuan yang disaluran PTPLN (Persero) sebanyak 11,9 ton," ucap dia, di Semarang, Kamis (15/7).

 

Irwansyah mengungkapkan, jumlah kasus Covid-19 yang masih mengalami lonjakan berimbas pada meningkatnya kebutuhan oksigen medis di semua rumah sakit rujukan penanganan pasien Covid-19 maupun di masyarakat.

 

Guna membantu kebutuhan tersebut, PT PLN (Persero) menyalurkan bantuan sebanyak 11,9 ton oksigen  ke empat rumah sakit rujukan Covid-19, di sejumlah daerah di Provinsi Jawa Tengah dan DIY.

 

Melalui bantuan ini,  diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan oksigen medis sebagai salah satu alat penunjang yang krusial bagi penanganan pasien Covid-19," ujarnya.

 

Direktur RSUD Tugurejo, dr Haryadi Ibnu Junaedi mengapresiasi bantuan oksigen yang diberikan oleh PLN, yang menirutnya sangat membantu. Karena kebutuhan oksigen medis di tengah lonjakan pasien Covid-19 seperti sekarang ini memang cukup tinggi.

 

"Melalui dukungan tersebut akan membantu RSUD Tugurejo untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada para pasien Covid-19, yang hingga saat ini masih menjalani perawatan dan harus diselamatkan," ucap dia.

 

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Kraton Pekalongan, dr Zaki Mubarok  mengungkapkan, bantuan ini akan sangat mendukung penanganan pasien Covid-19 yang ada di RSUD Kraton,  Kabupaten Pekalongan. 

 

Terlebih lagi, RSUD Kraton saat ini menjadi satu satunya rumah sakit yang menyediakan ruang ICU di  di Kabupaten Pekalongan. "Maka oksigen menjadi sangat penting jnguk bisa menyelamatkan para pasien Covid-19," katanya.

 

Sementara itu, Irwansyah juga menambahkan, sebelumnya, PLN juga telah menyerahkan bantuan kepada RSUP Dr Kariadi berupa berupa lima unit uninterruptible power supply (UPS) server 10 kVA untuk memperkuat keandalan listrik, delapan AC standing portable 5 PK serta lima unit oksigen portable. 

 

Terpenuhinya kebutuhan oksigen sangat kritikal dalam penanganan Covid-19. Namun di tengah melonjaknya kasus positif membuat permintaan akan oksigen juga meningkat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement