Rabu 14 Jul 2021 17:33 WIB

Magelang Siapkan RSUD Budi Rahayu Jadi RS Rujukan Covid-19

RS rujukan sebelumnya tidak mampu lagi melayani pasien baru.

Magelang Siapkan RSUD Budi Rahayu Jadi RS Rujukan Covid-19. Ilustrasi Covid-19
Foto: Pixabay
Magelang Siapkan RSUD Budi Rahayu Jadi RS Rujukan Covid-19. Ilustrasi Covid-19

IHRAM.CO.ID, MAGELANG -- Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah menyiapkan RSUD Budi Rahayu menjadi rumah sakit rujukan Covid-19. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Magelang Intan Suryahati mengatakan pemanfaatan rumah sakit itu untuk menggantikan rumah sakit darurat di lapangan tenis indoor Moncer Serius yang sebelumnya difungsikan sebagai instalasi gawat darurat (IGD).

"IGD Darurat di Komplek Gelora Sanden kita pindahkan ke RS Budi Rahayu. Fungsinya tidak hanya IGD, tapi juga rawat inap sehingga menjadi rumah sakit rujukan Covid-19," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (14/7).

Baca Juga

Rumah sakit lainnya di daerah itu yang menangani pasien terinfeksi virus corona, antara lain RSUD Tidar, RST dr. Soedjono Magelang, RSJ Prof Dr Soeroyo Magelang, RS Harapan, dan RS Lestari Raharja. Intan menjelaskan untuk mendukung peranan sebagai RS rujukan pasien Covid-19, RSUD Budi Rahayu menambah 16 tempat tidur. Sebelumnya, kapasitas di bekas rumah sakit bersalin itu 40 tempat tidur sehingga saat ini total menjadi 56 tempat tidur.

"Yang sebelumnya karantina atau isolasi OTG (Orang Tanpa Gejala) di Budi Rahayu, kita pindahkan di tempat isolasi yang ada, di antaranya Hotel Borobudur, Hotel Safira, dan Poltekkes. Semoga dengan tambahan rumah sakit rujukan ini bisa menangani pasien Covid-19 yang kasusnya sampai saat ini masih cukup tinggi," katanya.

 

Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz menyatakan pemanfaatan RSUD Budi Rahayu sebagai RS rujukan tersebut merupakan upaya pemkot melayani pasien Covid-19 sebaik mungkin. Ia menyebut lonjakan kasus aktif Covid-19 di daerah setempat memang tinggi selama beberapa pekan terakhir sehingga RS rujukan yang ada sebelumnya tidak mampu lagi melayani pasien baru.

Pemkot Magelang bahkan sempat mendirikan rumah sakit darurat di lapangan indoor Moncer Serius di Komplek Gelora Sanden. "Kami fungsikan RSUD Budi Rahayu ini menjadi rumah sakit rujukan untuk memaksimalkan perawatan penderita Covid-19," katanya.

Lapangan tenis indoor Moncer Serius saat ini menjadi lokasi tes usap karena sebelumnya tes usap di Laboratorium Kesehatan Kota Magelang mengakibatkan kerumunan warga. Pelayanan tes usap setiap Senin, Rabu, dan Kamis.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement