Saturday, 26 Zulqaidah 1443 / 25 June 2022

Pembangunan Masjid Syeikh Ajlin Gaza Target Rampung 2022

Rabu 14 Jul 2021 16:09 WIB

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Ani Nursalikah

Pembangunan Masjid Syeikh Ajlin Gaza Target Rampung 2022. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meletakkan batu pertama pembangunan via konferensi video Masjid Syeikh Ajlin, di Kota Gaza, Palestina, secara virtual dari Bandung, Jabar, pada 7 April 2021.

Pembangunan Masjid Syeikh Ajlin Gaza Target Rampung 2022. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meletakkan batu pertama pembangunan via konferensi video Masjid Syeikh Ajlin, di Kota Gaza, Palestina, secara virtual dari Bandung, Jabar, pada 7 April 2021.

Foto: Anadolu Agency
Masjid Syeikh Ajlin sebelumnya dihancurkan oleh Israel pada 2014.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU – Pembangunan Masjid Syeikh Ajlin di Gaza, Palestina saat ini menunjukkan kemajuan yang menggembirakan. Masjid tersebut ditargetkan rampung pada Mei 2022.

Hal itu terlihat dari acara Live From Gaza Progress Pembangunan Masjid Syeikh Ajlin yang digelar Aman Palestin, Rabu (14/7). Dalam kesempatan itu, ditunjukkan berbagai sudut masjid yang sedang dalam tahap pembangunan.

Baca Juga

Para pekerja terlihat sudah selesai membangun lantai satu masjid. Mereka kini sedang membangun lantai dua masjid.

"Sekarang pembangunan masjid sudah 25 persen," ujar Direktur Aman Palestin Indonesia Ustadz Miftahuddin Kamil.

Masjid Syeikh Ajlin sebelumnya dihancurkan oleh Israel dalam perang yang terjadi pada 2014. Selama tujuh tahun sejak saat itu, belum ada yang membangun masjid itu kembali.

Miftahuddin mengatakan telah berupaya menggalang dana sejak 2018 untuk membangun masjid itu kembali. Proses awal pembangunan masjid akhirnya bisa dimulai pada tahun ini.

Peletakan batu pertama pembangunan Masjid Syeikh Ajlin dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil secara virtual dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu (7/4). "Mei tahun depan mudah-mudahan masjid ini sudah rampung dan bisa dipakai sholat tarawih pada Ramadhan tahun depan," kata Miftahuddin.

Melalui siaran langsung tersebut ia menunjukkan bahwa donasi yang disumbangkanmmelalui Aman Palestin telah disalurkan seluruhnya. Donasi tersebut telah berwujud berbagai material, seperti semen, lantai, dinding, besi, menara, dan sebagainya.

"Kami amanah. Semua wakaf kami sumbangkan," ujar Miftahuddin.

Miftahuddin menyatakan Masjid Syeikh Ajlin akan menjadi saksi di hadapan Allah SWT atas kedermawanan bangsa Indonesia. Dia pun mengutip sabda Rasulullah SAW, yang menyatakan siapa yang membangun masjid, maka Allah SWT akan membangunkan rumah di surga.

"Walaupun hanya sebesar lubang telur burung (kontribusi dalam membangun masjid), asalkan ada niat ikhlas kita ingin membantu masjid," kata Miftahuddin.

Salah seorang warga yang bertetangga dengan Masjid Syeikh Ajlin pun mendoakan para donator yang telah membantu pembangunan masjid itu kembali. Dia terharu dengan kedermawanan para donator.

Hal senada diungkapkan seorang warga Gaza, Aminah. Dia menyatakan kontribusi masyarakat Indonesia untuk membantu Palestina sangat besar.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA