Ahad 11 Jul 2021 04:15 WIB

5 Olahraga Terbaik Bagi Pengidap Diabetes Tipe 2

Pengidap diabetes sangat dianjurkan untuk berolahraga demi mengontrol gula darahnya.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Bersepeda. Ada beberapa jenis olahraga yang dianjurkan untuk pengidap diabetes tipe 2, salah satunya ialah bersepeda.
Foto: Aprillio Akbar/ANTARA
Bersepeda. Ada beberapa jenis olahraga yang dianjurkan untuk pengidap diabetes tipe 2, salah satunya ialah bersepeda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –- Diabetes adalah salah satu penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya gula darah. Penyakit yang juga dikenal dengan istilah "kencing manis" ini dapat menimbulkan berbagai gangguan organ.

Pengidap diabetes dianjurkan untuk mengikuti tata laksana yang bisa membantu mengelola kadar gula darah mereka. Hal ini penting karena kadar gula darah yang tidak terkontrol dapat membuat tubuh berisiko terkena penyakit kardiovaskuler, strok, dan kondisi kesehatan parah lainnya.

Baca Juga

Berolahraga menjadi salah satu metode yang disarankan oleh para ahli untuk membantu mengendalikan diabetes. Dilansir Times Now News, Selasa (6/7), berikut beberapa latihan yang harus disertakan dalam rutinitas olahraga para diabetesi tipe 2.

1. Bersepeda

Manajemen berat badan adalah salah satu cara mengendalikan diabetes, dan bersepeda adalah olahraga yang tepat untuk menurunkan berat. Anda dapat melakukan latihan aerobik ini di rumah dengan sepeda statis atau di luar ruangan dengan intensitas ringan.

2. Berjalan

Salah satu cara termudah untuk tetap bugar adalah dengan berjalan. Ini bisa membantu tubuh mengelola komplikasi yang disebabkan oleh diabetes, dan membantu menjaga berat badan, sehingga Anda terhindar dari risiko kardiovaskular dan masalah tulang. Anda dapat melakukan jalan cepat selama 30 menit setidaknya lima kali dalam sepekan.

3. Yoga

Jika Anda ingin meningkatkan fleksibilitas sekaligus menjaga kesehatan secara keseluruhan, yoga adalah olahraga yang bisa dipilih. Menurut sebuah ulasan yang diterbitkan dalam Endocrinology and Metabolism berjudul “Therapeutic Role of Yoga in Type 2 Diabetes”, yoga dapat memiliki efek penyembuhan pada tubuh dan dapat meningkatkan pengelolaan diabetes.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement