Sabtu 10 Jul 2021 19:06 WIB

Ulama Kharismatik KH Abdurrasyid Abdullah Syafii Wafat

KH Abdurrasyid Abdullah Syafii meninggal petang tadi.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Indira Rezkisari
Ulama dan Tokoh Nasional, KH. Abdurrasyid Abdullah Syafii.
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Ulama dan Tokoh Nasional, KH. Abdurrasyid Abdullah Syafii.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Tokoh dan ulama kharismatik Betawi, KH Abdurrasyid Abdullah Syafi’i, meninggal dunia petang ini, Sabtu (10/7). Meski Kiai Abdurrasyid merupakan pimpinan Ponpes Pulo Air Sukabumi, dia lebih banyak tinggal di Jakarta.

‘’Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Telah berpulang ke Rahmatullah. Guru kami orang tua kami KH. Abdurrasyid Abdullah Syafii petang ini jam 17.38,’’ ujar kabar duka tersebut kepada Republika, Sabtu (10/7).

Baca Juga

Diketahui, KH Abdurrasyid Abdullah Syafi’i, merupakan anak dari KH Abdullah Syafi'i atau lebih dikenal sebagai Kiai Dulloh. KH Abdullah Syafi'i, merupakan pendiri dan pengasuh pertama dari Perguruan as-Syafi'iyah di Jakarta.

‘’Semoga Almarhum KH Abdurrasyid Abdullah Syafi’i diterima iman Islam dan semua amal sholehnya,’’ lanjut kabar tersebut.

Selama hidupnya, KH Abdurrasyid Abdullah Syafi’i juga aktif membela kondisi Muslim dunia. Pada 2017 silam, dia lantang mengingatkan umat Islam soal persaudaraan. Saat itu ia ikut Aksi Bela Rohingya di Jakarta Pusat.

Selama hidupnya, KH Abdurrasyid juga merupakan Ketua Komite Indonesia untuk Solidaritas Dunia Islam (KISDI). Dalam berbagai kesempatan, melalui KISDI, almarhum kerap menyampaikan sikap tegas dalam mengutuk serangan penjajahan. Khususnya, penjajahan Israel ke Masjid Al-Aqsha dan umat Islam di Tepi Barat serta agresi militer ke Gaza, Palestina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement