Sunday, 23 Rabiul Akhir 1443 / 28 November 2021

Sunday, 23 Rabiul Akhir 1443 / 28 November 2021

Kemenperin Berupaya Penuhi Kebutuhan Gas Oksigen Bagi Medis

Sabtu 10 Jul 2021 10:28 WIB

Rep: iit septyaningsih/ Red: Hiru Muhammad

Head Truck dilengkapi Bed Trailer Pertamina telah siap mengangkut ISO tank dan menyalurkan oksigen ke Rumah Sakit di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur.  Selasa dini hari (6/7), Tim Pertamina gerak cepat mengatur mobilisasi pendistribusian 21 ISO Tank milik IMIP dari Morowali Sulawesi Tenggara yang tiba di Tanjung Priuk.

Head Truck dilengkapi Bed Trailer Pertamina telah siap mengangkut ISO tank dan menyalurkan oksigen ke Rumah Sakit di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur. Selasa dini hari (6/7), Tim Pertamina gerak cepat mengatur mobilisasi pendistribusian 21 ISO Tank milik IMIP dari Morowali Sulawesi Tenggara yang tiba di Tanjung Priuk.

Foto: Dok Pertamina
Semua kemampuan industri dalam negeri dikerahkan demi kebutuhan oksigen nasional

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA--Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama pelaku industri terus berupaya memenuhi kebutuhan gas oksigen bagi penanganan pasien Covid-19 di sejumlah daerah. Kolaborasi ini merupakan salah satu komitmen nyata dalam menanggulangi lonjakan kasus positif Covid-19 di Tanah Air dalam beberapa hari terakhir.

“Kami proaktif melakukan kerja sama dan koordinasi dengan kementerian/lembaga terkait, pemerintah daerah. Termasuk asosiasi industri maupun perusahaan industri untuk membantu memenuhi kebutuhan oksigen bagi pasien Covid-19 di Indonesia,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pada acara Pelepasan Bantuan Oksigen Perdana Tanoto Foundation dan mitra perusahaan APRIL Group – PT Riau Andalan Pulp & Paper (PT RAPP), Jumat (9/7).

Menperin menegaskan, pihaknya bertekad mengerahkan semua kemampuan industri dalam negeri demi memenuhi lonjakan kebutuhan gas oksigen nasional. Di antaranya dengan menginstruksikan perusahaan-perusahaan industri memastikan ketersediaan oksigen khususnya guna  memenuhi kebutuhan oksigen medis. 

“Sektor industrinya tidak hanya yang bergerak khusus dalam bidang produksi gas oksigen. Melainkan juga industri yang mempunyai potensi membantu ketersediaan oksigen medis,” ujar dia.

Kemenperin telah menerbitkan menerbitkan Instruksi Menteri Perindustrian Nomor 1 Tahun 2021 tentang Produk Oksigen sebagai Komoditas Strategis Industri dalam Masa Covid-19. “Dukungan oksigen dari RAPP pada hari ini merupakan wujud dari Instruksi Menperin. Tiga hari lalu saya berkomunikasi dengan RAPP, dan hari ini bantuan dari RAPP bisa terlaksana. Kami menunggu kontribusi dari perusahaan lainnya untuk mengikuti langkah RAPP,” katanya.

Menperin menyampaikan, apresiasi dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Tanoto Foundation dan mitra perusahaan APRIL Group – PT Riau Andalan Pulp & Paper (PT RAPP) yang dalam kondisi pandemi ini bersedia memberikan bantuan pasokan oksigen medis dengan mengalihkan fasilitas oksigen plant untuk proses bleaching pulp. Sebagian digunakan untuk oksigen medis sebesar 500 ton atau 100 ton dalam lima kali pengiriman.

“Pengiriman akan dilakukan mulai hari ini (9/7) dari Pangkalan Kerinci menuju Jakarta secara bertahap,” tuturnya. Agus juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Kesehatan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), serta Pemerintah Daerah dalam membantu kelancaran penyaluran bantuan oksigen medis ini.

“Kontribusi sektor industri terhadap sektor kesehatan dalam penanggulangan Covid-19 sangat diharapkan dalam situasi sekarang ini,” tegasnya. Melalui semangat kebersamaan dan gotong royong ini, ia berharap Bangsa Indonesia dapat segera mengendalikan sekaligus menangani pandemi Covid-19 serta semuanya bisa kembali berkarya dalam bidangnya masing-masing agar kembali mendorong pertumbuhan ekonomi nasional yang berkualitas.

Board of Trustee Tanoto Foundation, Anderson Tanoto mengemukakan, pihaknya terpanggil dalan merespons dengan cepat ketika mendapatkan informasi ketersediaan oksigen bagi rumah sakit-rumah sakit yang merawat pasien Covid-19 mulai terbatas. “Maka kami segera melakukan koordinasi secepat mungkin menyalurkan oksigen yang diproduksi oleh pabrik PT RAPP di Pangkalan Kerinci, Riau ke pulau Jawa untuk membantu memasok oksigen bagi rumah sakit-rumah sakit yang membutuhkan di bawah koordinasi Kementerian Kesehatan,” jelas dia.

Anderson menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Menteri Perindustrian dan Menteri Kesehatan sehingga kurang dari 36 jam dapat segera mengangkut dan mendistribusikan oksigen tersebut ke Pulau Jawa. “Semoga oksigen yang kami salurkan ini dapat membantu menyelamatkan para pasien Covid-19 yang harus dirawat di rumah sakit-rumah sakit khususnya di Pulau Jawa,” ujarnya. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA