Jumat 09 Jul 2021 19:33 WIB

Tiga Juta Dosis Vaksin Moderna dari AS Dikirim Dua Hari Lagi

Vaksin Moderna akan dikirim melalui jalur Covax Facility.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Mas Alamil Huda
Tiga botol
Foto: EPA-EFE/MICHAEL SOHN
Tiga botol

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak tiga juta dosis vaksin Moderna asal Amerika Serikat akan segera tiba di Indonesia. Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika Dedy Permadi mengatakan, vaksin akan dikirim melalui jalur Covax Facility.

"Dalam dua hari lagi kita akan mendapat kiriman tiga juta dosis vaksin Moderna dari AS yang dikirim melalui fasilitas Covax," ujar Dedy dalam keterangan pers harian PPKM Darurat, Jumat (9/7).

Dedy mengatakan, kedatangan vaksin Moderna asal Amerika Serikat ini juga akan makin menambah jumlah vaksin yang sudah diterima Indonesia sebelumnya. Beberapa waktu lalu, Pemerintah RI juga baru saja menerima dosis vaksin AstraZeneca dari Pemerintah Jepang.

Karena itu, ia mengajak masyarakat untuk melakukan vaksinasi. Ia mengatakan, Koordinator PPKM Darurat yang juga Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan telah meminta Kapolda dan Pangdam agar segera mendistribusikan vaksin ke area padat penduduk. Karena data menunjukan pergerakan masyarakat masih cukup tinggi di kawasan tersebut.

"Jangan ketinggalan daftar dan dapatkan vaksin sekarang juga, karena vaksin melindungi diri dan melindungi keluarga kita, divaksinasi tinggal di rumah, menjauhi kerumunan, memakai masker dobel dan sering mencuci tangan akan membuat virus Covid-19 semakin sulit masuk ke wilayah pertahanan tubuh kita," ungkapnya.

Ia menjelaskan, hingga Kamis 8 Juli 2021 pukul 18.00 WIB, hampir 50 juta dosis vaksin telah diberikan kepada masyarakat Indonesia, dengan rincian sekitar 35 juta adalah suntikan dosis pertama dan 15 juta adalah suntikan dosis kedua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement