Wednesday, 26 Rabiul Akhir 1443 / 01 December 2021

Wednesday, 26 Rabiul Akhir 1443 / 01 December 2021

Ratusan Foto Muslimah India Dicuri & Diunggah untuk Dilelang

Jumat 09 Jul 2021 07:03 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah

Ratusan Foto Muslimah India Dicuri & Diunggah untuk Dilelang. Ilustrasi

Ratusan Foto Muslimah India Dicuri & Diunggah untuk Dilelang. Ilustrasi

Foto: Republika/Thoudy Badai
Polisi diminta memberikan tanggapan mereka pada 12 Juli nanti.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Pihak berwenang India tengah menyelidiki kelompok tak dikenal yang mengembangkan aplikasi daring bernama Sulli Deals karena telah mencuri data ratusan wanita Muslim untuk dilelang. Polisi di New Delhi mendaftarkan Laporan Informasi Pertama (FIR) terhadap pencipta Sulli Deals.

Aplikasi tersebut menampilkan gambar ratusan wanita Muslim pada Ahad lalu. Namun, setelah mendapat protes publik, kelompok itu segera menghapus aplikasi. Sulla atau Sulli adalah istilah menghina yang digunakan kelompok sayap kanan Hindu untuk menyebut Muslim India.

Baca Juga

Salah seorang wanita yang terdaftar dalam aplikasi itu adalah jurnalis Fatima Khan. Khan melaporkan kerusuhan komunal Delhi menewaskan sebagian besar Muslim pada 2020.

“Bagaimana ini bisa diterima? Apa hukumannya? Pria Muslim digantung, wanita Muslim dilecehkan dan dijual secara daring. Kapan ini akan berakhir?” kata Khan dalam cicitannya @khanthefatima.

Diketahui, aplikasi tersebut dibuat oleh pengembang perangkat lunak GitHub. Chief Operating Officer GitHub Erica Brescia menyebut aplikasi Sulli Deals telah dihapus.

Penyelidikan dimulai setelah Komisi Wanita Delhi melaporkan masalah ini ke polisi. Polisi diminta memberikan tanggapan mereka pada 12 Juli nanti.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA