Kamis 08 Jul 2021 17:55 WIB

KONI Pusat Ingin Gaung PON 2020 Papua Lebih Bergema

PON XX akan berlangsung di Papua dalam tiga bulan ke depan.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman.
Foto: ANTARA/Aprillio Akbar
Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pekan Olahraga Nasional XX akan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021 di Papua. Berbagai persiapan telah dijalankan baik oleh tuan rumah maupun atlet dari 34 provinsi Tanah Air. Artinya dalam tiga bulan lagi, rakyat seluruh Indonesia akan menyaksikan bakat dan atlet terbaik berlaga di event terbesar nasional empat tahunan tersebut. Dengan segala persiapan dan pengorbanan yang telah dilakukan, maka sudah sewajarnya event tersebut digaungkan mulai sekarang.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman mengharapkan para ketua KONI Provinsi dan Kabupaten/Kota turut bersuara dengan menyampaikan hasil dan persiapan yang telah dilakukan. Ini sebagai bagian dari upaya menyukseskan perhelatan pekan olahraga terbesar Tanah Air ini.

Baca Juga

"Gema Pekan Olahraga Nasional XX 2020 Papua ini harus didengar di seluruh Indonesia. Agar masyarakat dapat mengikuti apa yang telah dilakukan atlet daerah mereka," kata Marciano dalam sambutannya membuka rapat sosialisasi PON XX Papua 2021 secara daring, Kamis (8/7).

Upaya tersebut menjadi penting karena di tengah suasana pandemi Covid-19 seperti saat sekarang, masyarakat harus disuguhkan info-info positif yang menggugah semangat serta pikiran opitmistis.

Upaya proaktif KONI Daerah dan pemerintah provinsi untuk menyampaikan info-info terkait persiapan mereka menjadi penting karena pembatasan yang terjadi di sejumlah daerah saat ini.  

Karena bagaimanapun juga, penerapan protokol kesehatan sebelum dan selama pelaksanaan PON mendatang  adalah bagian tak terpisahkan KONI Pusat serta KONI daerah dalam upaya membantu pemerintah mengatasi pandemi ini.

Terkait isu keamanan, kata Marciano, Papua terus dalam situasi dinamis. Dia percaya dan yakin PON XX Papua akan berjalan dengan aman, nyaman, dan sukses. 

"Percayalah bahwa Gubernur Papua Bapak Lukas Enembe dan jajarannya, Pangdam Cenderawasih, Kapolda Papua dan seluruh masyarakat Papua mereka bertekad untuk menjadi tuan rumah yang baik di dalam pelaksanaan PON ini. Karenanya mereka akan bekerja sama untuk menjaga situasi keamanan di Papua yang aman dan nyaman bagi seluruh atlet yang datang ke Papua nanti," kata Marciano. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement