Kamis 08 Jul 2021 10:27 WIB

Masjid Hakim, Permata Tersembunyi di Isfahan

Isfahan telah lama dijuluki sebagai Nesf-e-Jahan yang berarti setengah dunia.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Masjid Hakim adalah monumen visual yang menakjubkan di Isfahan, Iran. Masjid ini dibangun pada masa Dinasti Safawi dan kini banyak dikunjungi wisatawan.
Foto: Tehran Times
Masjid Hakim adalah monumen visual yang menakjubkan di Isfahan, Iran. Masjid ini dibangun pada masa Dinasti Safawi dan kini banyak dikunjungi wisatawan.

IHRAM.CO.ID, TEHERAN -- Masjid Hakim adalah monumen visual yang menakjubkan di Isfahan, Iran. Masjid ini dibangun pada masa Dinasti Safawi dan kini banyak dikunjungi wisatawan.

Masjid Hakim bukan hanya megah dan berfungsi sebagai tempat ibadah umat Muslim. Tetapi juga memiliki ruang publik yang melayani berbagai kegunaan, seperti tempat berkumpul, sebuah perguruan tinggi Islam, dan tempat penampungan darurat bagi para pendatang.

Baca Juga

Masjid ini dibangun pada pertengahan abad ke-17 pada masa pemerintahan Shah Abbas II. Masjid tersebut diberi nama Masjid Hakim setelah pembangunnya didanai oleh Muhammad David Hakim yeng merupakan seorang tabib kerajaan.

Dilansir dari Tehran Times, Kamis (8/7), masjid ini tidak memiliki pintu masuk yang monumental, tetapi terdapat lima pintu masuk kecil yang berbeda. Seringkali masjid juga digunakan sebagai jalan pintas untuk tujuan lain di luar tempat ibadah.

Meski penetrasi tembok masjid bisa bermacam-macam bentuknya, tujuan utamanya selalu sama. Ini adalah halaman yang bisa disebut ruang monumental.  

Masjid juga memiliki fasilitas, seperti kamar kecil dan toilet, untuk keperluan umum. Isfahan telah lama dijuluki sebagai Nesf-e-Jahan yang berarti setengah dunia. Pepatah ini dibenarkan karena pada masa kejayaannya, kota ini juga merupakan salah satu kota terbesar di kawasan dengan populasi hampir satu juta jiwa.

Ubin biru sejuk dari bangunan Islam Isfahan dan jembatan kota yang megah, sangat kontras dengan lingkungan pedesaan Iran yang panas dan kering. Alun-Alun Imam yang besar, paling dikenal sebagai Naghsh-e Jahan Square (secara literal berarti "Gambar Dunia"), adalah salah satu yang terbesar di dunia (500 x 160 meter). Ia adalah contoh perencanaan kota yang megah. 

Dibangun pada awal abad ke-17, alun-alun yang terdaftar di UNESCO diselingi dengan pemandangan paling menarik di Isfahan. Isfahan modern sekarang menjadi rumah bagi beberapa industri berat, termasuk pabrik baja dan fasilitas nuklir di pinggirannya, namun inti dalamnya ingin dilestarikan sebagai permata yang tak ternilai. 

https://www.tehrantimes.com/news/462832/Hakim-Mosque-a-hidden-gem-to-visit-in-Isfahan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement